Sepak Bola Internasional

Hansi Flick Dipecat Timnas Jerman, Siapa Nahkoda Baru Der Panzer?

Federasi sepak bola Jerman resmi mendepak Hansi Flick dari jabatannya sebagai pelatih tim nasional Jerman buntut hasil kurang memuaskan tim berjuluk Der Panzer.

Featured-Image
Hansi Flick resmi didepak dari kursi kepelatihan timnas Jerman (Foto: Reuters)

bakabar.com, JAKARTA – Federasi sepak bola Jerman (DFB) resmi mendepak Hansi Flick dari jabatannya sebagai pelatih Jerman buntut hasil buruk timnya dalam persiapan menuju Piala Eropa 2024.

Pemecatan Flick dari kursi panas pelatih Der Panzer ini setelah Thomas Muller cs dipermalukan Jepang 1-4 dalam laga persahabatan di kandang sendiri pada Minggu (10/9) lalu.

Kekalahan dari tim berjuluk Samurai Biru itu melanjutkan tren negatif Der Panzer semenjak dinahkodai oleh Hansi Flick.

Baca Juga: Dipermalukan Jepang, Pelatih Jerman Optimis di Piala Eropa 2024

Padahal, sang pelatih tengah mempersiapkan timnas Jerman menghadapi kompetisi Piala Eropa 2024 mendatang. Terlebih, timnas Jerman juga bertindak sebagai tuan rumah di kompetisi tersebut.

Selama menahkodai timnas Jerman sejak 1 Juli 2021 mengganti Joachim Loew, Flick telah memimpin sebanyak 25 pertandingan Der Panzer.

Akan tetapi, eks pelatih Bayern Munich itu tak mampu membantu timnya mengeluarkan kemampuan terbaik. Tercatat, Der Panzer cuma meraih 12 kali kemenangan.

Baca Juga: Belanda Menang atas Irlandia, Ronald Koeman Malah Tak Puas

Ketidakmampuan Flick dalam mencairkan ruang ganti sekaligus minim variasi taktik bagi timnas Jerman menjadi alasan dirinya ditendang dari jabatannya itu.

Selepas ditinggal oleh Flick, Federasi Jerman (DFB) lantas menunjuk Rudi Voller untuk mengemban sebagai pelatih caretaker untuk sementara.

Adapun, selepas peninggalan Flick, beberapa nama pelatih besar pun dikaitkan sebagai nahkoda baru timnas Jerman. Terlebih, DFB juga mulai bergerak untuk mendapatkan pelatih baru sebelum gelaran Piala Eropa 2024 mendatang.

Berikut beberapa nama calon yang diisukan dilirik timnas Jerman.

Jurgen Klopp

juergen klopp
Pelatih Liverpool Juergen Klopp. (foto: liverpool.com)

Pelatih Liverpool ini merupakan sosok yang bisa dibilang sangat ideal untuk menahkodai timnas Jerman selepas peninggalan Flick. Terlebih, dengan reputasinya yang mentereng, Klopp layak untuk menjadi pelatih Der Panzer.

Akan tetapi, sangat mustahil pelatih berusia 56 tahun itu untuk melatih timnas Jerman. Pasalnya, Klopp masih terikat kontrak dengan The Reds hingga 2026 mendatang.

Julian Nagelsmann

Julian Nagelsmann
Julian Nagelsmann menjadi kandidat favorit pelatih Chelsea yang baru menggantikan Graham Potter (Foto: Sky Sports)

Nama Julian Nagelsmann menjadi sosok pelatih yang mungkin ditarik oleh timnas Jerman. Terlebih, sang pelatih juga tengah menganggur.

Eks pelatih Bayern Munchen itu juga merupakan pelatih yang malang melintang di kompetisi sepak bola Bundesliga. Dirinya menjadi pelatih The Bavarian menggantikan Hansi Flick yang menjadi pelatih timnas Jerman.

Akan tetapi, nasib sama juga dialami oleh Nagelsmann. Bersama Die Roten, Nagelsmann juga tampil tak mentereng. Dirinya juga dipecat oleh Bayern pada Maret lalu.

Zinedine Zidane

Zinedine Zidane
Zinedine Zidane menjadi salah satu kandidat utama pengganti Graham Potter sebagai pelatih Chelsea. (Foto: dok. realmadrid)

Pelatih ketiga yang bisa saja melatih timnas Jerman yakni Zinedine Zidane. Eks pelatih Real Madrid itu jelas sudah tak perlu diragukan lagi kapasitasnya.

Segudang trofi telah dirinya raih bersama dengan Los Blancos. Akan tetapi, Zidane sudah hampir tiga tahun tak kembali berlatih setelah berpisah dengan Real Madrid pada 2021 silam.

Mengingat segudang prestasinya, Zidane bisa saja dipertimbangkan menjadi pelatih Der Panzer. Akan tetapi, kabarnya Zidane hanya ingin melatih timnas Prancis.

Editor


Komentar
Banner
Banner