Piala AFF U-23 2023

Hajar Thailand 3-1, Indonesia ke Final Piala AFF U-23 2023

Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke final Piala AFF U-23 2023 usai mengalahkan Thailand 3-1 di Stadion Rayong, Thailand, Kamis (24/8) malam.

Featured-Image
Timnas Indonesia U-23 saat merayakan gol ke gawang Thailand U-23 di Piala AFF U-23 2023 di Stadion Rayong Province, Kamis (24/8) malam WIB. (foto: PSSI)

bakabar.com, JAKARTA - Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke final Piala AFF U-23 2023 usai mengalahkan Thailand 3-1 di Stadion Rayong, Thailand, Kamis (24/8) malam.

Kemenangan ini berkat berkat gol yang dicetak Jeam Kelly Sroyer (6), Muhammad Ferarri (22), dan bunuh diri pemain Thailand, Natcha Promsomboon (45+1). 

Sedangkan tim tuan rumah hanya mampu membalas satu gol lewat Chukid Wanpraphao di menit 27. 

Kemenangan Indonesia memang sudah terlihat sejak babak pertama dimulai, meski kedua tim saling mencoba menyerang sejak menit awal.

Baca Juga: Indonesia ke Semifinal Piala AFF U-23, STY Sanjung Timnas Vietnam

Thailand sebagai tuan rumah menjadi tim pertama yang menggempur pertahanan Indonesia.

Namun, tim Garuda Muda yang justru mencetak gol terlebih dulu lewat Jeam Kelly Sroyer di menit 10. Usaha itu tak lepas dari tendangannya dari luar kotak penalti yang tak mampu dibendung kiper Thailand, Siriwat Ingkaew.

Setelah gol itu, permainan terlihat menjadi lebih keras. Pelanggaran dilakukan kedua kesebelasan.

Tapi itu tak menyurutkan Indonesia menambah keunggulan. Buktinya, lemparan ke dalam yang dilontarkan Robi Darwis mampu disambut Muhammad Ferarri yang membuat indonesia unggul 2-0 di menit 22. 

Baca Juga: Semifinal Piala AFF U-23 2023: Timnas Indonesia U-23 Berbenah Diri

Thailand yang tak ingin dipermalukan di hadapan pendukung sendiri, membuat gebrakan dengan melancarkan serangan dengan baik.

Empat menit setelah gol Ferrari, Thailand berhasil memperkecil kedudukan setelah sepak pojok yang dilakukan tim tuan rumah mampu di sundulan Chukid Wanpraphao.

Gol itu tak membuat Indonesia mendapatkan tekanan. Pasukan Shin Tae-yong ini bahkan beberapa kali mendapatkan peluang manis dan mengancam gawang Thailand.

Namun, sepakan Ramadhan Sananta dari luar kotak penalti pada menit ke-36 masih mampu dipatahkan kiper Thailand.

Baca Juga: Hasil Piala AFF U-23 2023: Indonesia Menang 1-0 atas Timor Leste

Pada injury time babak pertama, Indonesia akhirnya menambah keunggulan usai sepakan Haykal Alhafiz disundul ke dalam gawang Thailand oleh Natcha Promsomboon. Skor menjadi 3-1 untuk Indonesia.

Di babak kedua, Thailand yang mencoba mengejar ketertinggalan berusaha bermain lebih baik.

Ada beberapa peluang diciptakan yang membahayakan gawang Indonesia yang dijaga Kiper Ernando Ari Sutaryadi. 

Namun, tim berjuluk War Elephant ini tetap tak berhasil menambah gol di pertandingan itu. Hal tersebut dikarenakan Indonesia berhasil bermain bertahan lebih baik daripada babak pertama.

Baca Juga: Hasil Piala AFF U-23 2023: Indonesia Takluk dari Malaysia 1-2

Dengan begitu, Indonesia berhasil mempertahankan keunggulan 3-1 dan membuat tim Garuda Muda melangkah ke final untuk kedua kalinya setelah sebelumnya juga pernah diraihnya pada 2019 ketika menjadi juara di Kamboja. 

Di final, Indonesia akan menghadapi Vietnam yang melaju usai mengandaskan Malaysia 4-1. Kedua tim itu akan bertemu di Rayong Province Stadium, Rayong, Sabtu (26/8) pukul 20.00 WIB. 

Editor
Komentar
Banner
Banner