Hot Borneo

Habitat Diterjang Karhutla, Monyet Masuk Rumah Warga di Palangka Raya

Peristiwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Palangka Raya, juga telah merusak habitat berbagai jenis fauna.

Featured-Image
Seekor monyet saat masuk lewat celah rumah warga di Jalan Kalibata Palangka Raya.

bakabar.com, PALANGKA RAYA - Peristiwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Palangka Raya, juga telah merusak habitat berbagai jenis fauna.

Akibatnya seekor monyet ekor panjang dilaporkan masuk ke sebuah rumah warga di Jalan Kalibata, Kecamatan Jekan Raya, Selasa (5/9) siang. Diduga monyet ini mencari makanan, karena habitat mereka di hutan telah terbakar.

"Dalam beberapa hari terakhir, monyet tersebut berkeliaran di sekitar rumah kami," papar pemilik rumah bernama Adit.

"Kebetulan pintu rumah kami selalu terbuka, sehingga monyet dengan mudah masuk. Saya khawatir monyet itu menyerang kucing peliharaan saya, selain merenggut instalasi kabel listrik di luar di rumah," imbuhnya.

Menghindari hal yang tidak diinginkan, Adit melaporkan ke Damkar Palangka Raya agar mengevakuasi monyet tersebut.

Lantas menggunakan tongkat yang telah dipasang jaring, petugas berusaha  melakukan penangkapan. 

Upaya pertama ternyata gagal, karena monyet terus berusaha lari, naik ke atas atap hingga masuk ke kamar pemilik rumah. Setelah dua jam pengepungan, monyet terpojok di kamar mandi dan akhirnya dapat diamankan.

"Ketika kami datang, monyet itu sudah berada di atas meja makan. Lalu naik ke plafon saat akan ditangkap, sampai akhirnya masuk ke kamar mandi," jelas Sucipto, salah seorang petugas Damkar Palangka Raya.

Setelah berhasil ditangkap, monyet itu dibawa ke Kantor BKSDA Kalimantan Tengah untuk selanjutnya dilepasliarkan di habitat yang lebih aman.

Editor


Komentar
Banner
Banner