Megaproyek IKN

GRAB Kunjungi IKN, Paparkan Tren Data dalam Membangun Smart City 

Perusahaan teknologi terkemuka di Asia Tenggara, GRAB, mengunjungi IKN untuk berbagi pengetahuan terkait tren data analytics dan smart city.

Featured-Image
Kepala Otorita IKN, Bambang Susanto berfoto bersama pembicara, Kamis (4/8). (Foto.dok OIKN)

bakabar.com, JAKARTA– Perusahaan teknologi terkemuka di Asia Tenggara, GRAB mengunjungi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantarauntuk berbagi pengetahuan terkait tren data analytics dan penerapannya dalam pembangunan smart city. Kunjungan dilaksanakan pada Kamis (4/8) bertujuan untuk mendorong kolaborasi pengetahuan dalam mengoptimalkan berbagai aspek penting dari pembangunan kota cerdas.

Sejauh ini, konsep kota cerdas terbagi dalam lima area utama. Pertama, City Design sebagai salah satu elemen utama dalam pembangunan smart city,

GRAB menekankan pentingnya pemanfaatan data analytics dalam perencanaan dan pengembangan infrastruktur kota yang berkelanjutan dan berorientasi pada kenyamanan penduduk. 

Kedua, Urban Living dalam konteks kehidupan perkotaan yang semakin dinamis. GRAB ingin menghadirkan informasi bagaimana data analytics dapat meningkatkan kualitas hidup warga kota dengan mempermudah akses ke layanan publik dan fasilitas penting.

Baca Juga: Pusat Perekonomian Baru, Masa Depan IKN di Tangan Anak Muda

Ketiga safety dalam menjaga keselamatan masyarakat. GRAB menyoroti peran penting data analytics dalam meningkatkan keamanan kota melalui sistem prediksi kejahatan dan sistem tanggap darurat yang lebih efisien.

Keempat, transportation dengan fokus pada mobilitas penduduk perkotaan. GRAB secara khusus membahas bagaimana data analytics dapat mengoptimalkan transportasi publik, mengurangi kemacetan, dan menyediakan alternatif transportasi berkelanjutan.

Terakhir adalah Government, di mana GRAB menekankan pentingnya penerapan data analytics dalam pemerintahan untuk meningkatkan pelayanan publik dan pengambilan keputusan berbasis data.

Kehadiran delegasi dari GRAB disambut hangat oleh Kepala OIKN Bambang Susantono dan Deputi Transformasi Hijau dan Digital Prof. Ali Berawi. Selama sesi knowledge sharing yang berlangsung dengan penuh antusiasme, GRAB mempresentasikan pengetahuan terkini tentang data analytics dan aplikasinya dalam konteks smart city yang sedang berkembang.

Baca Juga: Otorita IKN Berkomitmen Jaga Hutan di Nusantara

Prof. Ali Berawi menyambut baik kontribusi GRAB dalam membangun IKN sebagai Smart City. "Apa yang dipaparkan oleh GRAB sangat selaras dengan konsep smart city yang telah tertuang dalam dokumen blueprint transformasi digital nusantara," jelasnya. 

Kolaborasi itu diharapkan menjadi tonggak penting dalam menghadirkan solusi berbasis data yang inovatif dan efektif untuk meningkatkan kualitas hidup penduduk. 

"Kami sangat mengapresiasi komitmen GRAB,” terang Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono.

Editor


Komentar
Banner
Banner