GJAW 2023

GJAW 2023 Jadi Ajang untuk Mendorong Ekspor Kendaraan

Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto pada Jumat (10/3).

Featured-Image
GJAW 2023 resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto: apahabar.com/BS)

bakabar.com, JAKARTA - Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto pada Jumat (10/3).

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi menyampaikan acara tersebut ditunjukkan sebagai ajang beli mobil awal tahun bagi seluruh masyarakat.

"Penyelenggaraan GJAW tahun ini akan menampilkan inovasi dan kurang lebih 20 kendaraan yang terdiri dari kendaraan penumpang dan premium," ujarnya pada opening ceremony, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jumat (10/3).

Baca Juga: GJAW 2023 Dibuka, Menko Airlangga: Infrastruktur Perlu Selaras dengan Industri Otomotif

Ia menegaskan bahwa peluncuran model kendaraan merupakan kunci untuk mendorong ekspor di dunia otomotif.

"Semakin banyak variasi kendaraan dilahirkan di Indonesia, akan meningkatkan ekspor dan memperkuat daya saing industri otomotif Indonesia di pasar internasional," ungkapnya.

Menurut pihak Gaikindo, posisi industri otomotif dalam negeri terus meningkat. Pada tahun 2022 lalu industri otomotif mencatat sebanyak 1.048.040 unit lebih baik dari tahun sebelumnya saat pandemi melanda.

Nilai ekspor sendiri mencatatkan kenaikan hingga 60 persen mencapai angka tertinggi lebih dari 470 ribu unit.

Konsep Baru GJAW

Nangoi juga menyebutkan, untuk pertama kalinya sebuah pameran otomotif Indonesia berkolaborasi dengan dunia lifestyle.

"Lewat Jakarta Concert Week, Fashion show dan Indonesia autentik food festival, tujuan kami agar pengujung dapat menikmati inovasi dan promo terbaik dari dunia otomotif sekaligus lifestyle di saat apapun," tukasnya.

Di saat yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyampaikan detail pertumbuhan yang cukup baik di industri otomotif.

"Dampak penjualannya di bulan Januari dibanding tahun lalu, mendekati 12 persen, komulatif jumlah produksinya naik 18 persen," bebernya.

Pada tahun ini, GJAW 2023 menargetkan total transaksi sebanyak Rp2,3 triliun dan menarik perhatian hingga 53 ribu pengujung selama 10 hari pameran berlangsung.

Editor


Komentar
Banner
Banner