Pemkab Tabalong

Giliran SMAN 1 Upau Dipasang Internet Gratis oleh Kominfo Tabalong

Diskominfo Tabalong terus melakukan pemasangan internet gratis di lingkungan sekolah.

Featured-Image
Kadiskominfo Tabalong HM Noor Rifani, menyerahkan plat wifi gratis kepada SMAN 1 Upau. Foto - Diskominfo Tabalong

bakabar.com, TANJUNG - Diskominfo Tabalong terus melakukan pemasangan internet gratis di lingkungan sekolah.

Setelah yang terbaru pemasangan internet gratis di SMKN Banua Lawas, kini pemasangan dilakukan di SMAN 1 Upau.

Penyerahan plat wifi dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tabalong,HM Noor Rifani, Senin (19/8).

Penyerahan dilakukan seusai Kadis Kominfo menjadi pembina upacara pengibaran bendera merah putih di lingkungan SMAN 1 Upau.

"Suatu kehormatan untuk saya bisa berdiri di sini, menjadi pembina upacara. Terima kasih bapak dan ibu guru yang sudah mengundang dan memberikan kesempatan," katanya.

Menurut Fani, tidak mungkin dirinya bisa menjadi kepala dinas tanpa melalui proses belajar dan mengajar di sekolah. 

"Karenanya pendidikan sekolah seperti SMA, merupakan jenjang yang mesti dilalui untuk mencapai cita-cita yang diinginkan," ucapnya.

"Para pelajar di SMAN 1 Upau ini, saya inginkan dapat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi hingga dapat bersaing dengan pelajar dari daerah lainnya," imbuhnya.

Kata Fani, teknologi internet yang berkembang pesat saat ini, diinginkan dapat dikuasai dan dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para siswa dan guru, baik sebagai literasi digital maupun kegiatan penunjang pendidikan lainnya.

"Dengan ketersediaan jaringan internet Free WIFI di SMAN 1 Upau, saya ingin nantinya akan tercipta generasi yang smart, kreatif dan produktif," harapnya.

Berdasarkan, data statistik terbaru, Haji Fani menyebutkan pengguna internet di Indonesia mencapai 221 Juta orang yang didominasi dari kalangan millenial dan Gen Z.

"Pesatnya kemajuan teknologi digital (internet) merupakan sebuah keniscayaan yang harus kita hadapi. Maka masyarakat Tabalong harus melek terhadap dunia digital," tegasnya.

Sejak tahun 2019 Kabupaten Tabalong termasuk salah satu Kabupaten/Kota yang dipilih Kemenkominfo RI menjadi roll model implementasi Smart City atau Kota Cerdas di Indonesia.

Pada tahun 2023 program Tabalong Smart City berhasil menjadi yg terbaik di Kalimantan Selatan dan masuk 8 besar terbaik Nasional.

Jumlah menara BTS milik provider di Kabupaten Tabalong ada di sebanyak 145 lokasi tersebar di 12 Kecamatan, 7 Lokasi didirikan oleh BAKTI Kementrian Kominfo, serta 8 tower penguat sinyal di desa-desa terisolir yang dibangun oleh Diskominfo Kabupaten Tabalong.

Pemerintah Daerah juga menyediakan 25 titik internet gratis yang tersebar di Ruang Terbuka Hijau (RTH), fasilitas pendidikan, dan ruang-ruang publik lainnya.

Ke depannya, imbuh Haji Fani, infrastruktur telekomunikasi di Kabupaten Tabalong akan terus-menerus dikembangkan melalui berbagai terobosan dan inovasi, sehingga tidak adalagi kawasan blankspot, tidak ada lagi masyarakat yang kesulitan jaringan internet.

"Menyambut Tabalong sebagai daerah penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN), jaraknya tidak lebih dari 200 Km, masyarakat Tabalong khususnya generasi muda, harus semakin mengembangkan diri, harus mampu meningkatkan kapasitasnya dan siap bersaing," tutup Fani.

Editor


Komentar
Banner
Banner