News

Gempa Magnitudo 6,6 di Tuban Jatim Tak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,6 mengguncang wilayah Tuban, Jawa Timur, Jumat (14/4) pukul 16.55 WIB.

Featured-Image
Ilustrasi gempa bumi. Foto: Antara

bakabar.com, JAKARTA - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,6 mengguncang wilayah Tuban, Jawa Timur, Jumat (14/4) pukul 16.55 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa tidak berpotensi tsunami.

"Tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG dalam keterangan resmi mereka.

BMKG mencatat gempa berlokasi di 6.29 LS, 111.92 BT atau 68 KM Barat Laut Tuban. Gempa berpusat di laut dengan kedalaman 632 KM.

Baca Juga: Gempa Bumi di Laut Jawa Terasa di Aluh - Aluh, Kasmayuda: Rumah Sempat Bergetar

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sedang memantau kerusakan akibat gempa yang terjadi di Tuban, Jawa Timur.

Menurut Plt Kapusdatinkom BNPB, Abdul Muhari, gempa berpusat di pesisir utara Tuban berkekuatan magnitudo 6,6 dengan kedalaman 632 km.

"Ayunan gempa ini terasa hingga jarak yang jauh, akan tetapi diharapkan tidak menimbulkan dampak kerusakan yang signifikan (karena bukan gempa dangkal)," kata Muhari dalam keterangan resmi, Jumat (14/4).

Baca Juga: Keluarga Korban Lapor Propam, Kecelakaan Ragunan Bau Konflik Kepentingan

Saat ini BNPB terus berkoordinasi dengan BPBD provinsi/ kabupaten/ kota untuk memantau dan melakukan kaji cepat situasi/dampak untuk menentukan tindak tanggap darurat sekiranya diperlukan.

Melansir CNBC Indonesia, melalui caratan BMKG dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dalam akibat adanya aktivitas deformasi slab pull pada lempeng Indo-Australia yang tersubduksi hingga di bawah Laut Jawa. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun ( normal fault ).

Editor


Komentar
Banner
Banner