Borneo Hits

Sejak Januari 2024, Kalsel Sudah Berkali-kali Diguncang Gempa

Bukan hanya sekali, tetapi Kalimantan Selatan sudah berkali-kali diguncang gempat sejak awal Januari 2024.

Featured-Image
BMKG kembali mendeteksi terjadi gempa di Kalimantan Selatan, Minggu (18/2). Foto: BMKG

bakabar.com, BANJARBARU -  Bukan hanya sekali, tetapi Kalimantan Selatan sudah berkali-kali diguncang gempat sejak awal Januari 2024.

Berdasarkan rekapitulasi data di BMKG, sudah 9 kali Kalsel diguncang gempa. Kejadian terakhir tercatat 18 dan 20 Februari 2024.

"Dari sekian kejadian, getaran yang paling dirasakan terjadi 13 dan 14 Februari 2024," jelas Analis Iklim Staklim Kelas I Banjarbaru BMKG Kalsel, Muhammad Arif Rahman, Rabu (21/2).

Adapun gempa terakhir berkekuatan magnitudo 3,1 dengan jarak 28 kilometer arah barat Laut Balangan sekitar pukul 12.22 Wita. Tercatat episenter gempa bumi terletak di koordinat 2.17 LS,115.41 BT dengan kedalaman 6 Km.

Gempa bumi dangkal itu terjadi lantaran aktivitas patahan di Pegunungan Meratus. Namun getaran ini sendiri tidak tercatat di Indonesia Tsunami Early Warning System (InaTEWS) BMKG Kalsel.

"Penyebabnya gempa dengan magnitudo 3,1 itu tidak dirasakan warga," tukas Arif.

"Sedangkan InaTEWS adalah daftar informasi gempa bumi dirasakan yang didiseminasikan, setelah BMKG menerima laporan kerusakan atau dirasakan masyarakat.

"Namun kalau informasi gempa tersebut bersumber dari BMKG Kaltim, sebenarnyar sah saja dijadikan rujukan untuk data kejadian gempa di Kalsel," pungkas Arif.

Editor
Komentar
Banner
Banner