Penjualan Mobil 2023

Gaikindo Yakin Penjualan Mobil Tahun Ini Bisa Mencapai Target

Gaikindo optimistis penjualan kendaraan roda empat pada 2023 ditargetkan dapat melampaui penjualan di tahun sebelumnya.

Featured-Image
Sejumlah kendaraan terbaru melantai di GIIAS Semarang 2022. Foto: dok. Gaikindo

bakabar.com, JAKARTA - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo optimistis penjualan kendaraan roda empat pada 2023 ditargetkan dapat melampaui penjualan di tahun sebelumnya.

"Kami masih percaya diri, mudah-mudahan target kita terpenuhi untuk tahun ini," kata Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara dikutip dari Antara, Minggu (2/7).

Perkiraan kenaikan penjualan, kata Kukuh, dikaitkan berdasarkan peningkatan kinerja kendaraan yang terus naik di setiap bulannya, meski ada penurunan pada April dan kembali membaik di Mei.

Baca Juga: Suzuki Pastikan Pelanggan Mobil Hybrid dapat Garansi Baterai 8 Tahun

Menurut dia, penurunan pada April lalu disebabkan karena masa Lebaran, yang mana terdapat hari libur cukup panjang. Dengan begitu, penjualan kendaraan juga otomatis akan ikut merosot.

"Kalau penjualan April itu kan turun, kalau tidak salah cuma ada 50 ribuan ya. Nah, Mei itu sudah balik ke 82 ribuan penjualan yang bisa diartikan itu kembali normal lagi," imbuhnya.

Jika melihat penjualan mobil hingga pertengahan tahun ini, Gaikindo mencatat terdapat sekitar 400 ribuan kendaraan yang terjual.

Baca Juga: Pajak Kendaraan Listrik Nol Persen, Gaikindo: Bermanfaat bagi Konsumen

Dengan capaian tersebut, dia pun sangat optimistis pada tahun ini industri otomotif akan kembali bergairah dan bisa menyentuh target yang diinginkan yakni satu juta unit.

"Paling tidak di bulan Mei saja sudah terakumulasi sebanyak 400 ribuan lebih, ini sebuah hal yang cukup baik ya," ujarnya.

"Mudah-mudahan tren positif ini bisa terus berlanjut untuk bisa menembus target kita atau paling tidak lebih tinggi sedikit dibandingkan dengan 2022 lalu," sambungnya.

Baca Juga: Penjualan Mobil Baru Turun di Ramadan, Gaikindo: Karena Terbatas

Melansir data internal Gaikindo, penjualan wholesales (dari pabrik ke diler) mencapai 82.097 unit pada Mei 2023. Angka itu naik 39,35 persen jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Gaikindo juga mencatat terdapat peningkatan penjualan wholesales dari periode Januari-Mei 2023 sebesar 423.404 unit.

Angka tersebut memberikan catatan yang positif dengan meningkat sekitar 6,88 persen, jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya yang hanya berhasil tercatat sebanyak 396.120 unit.

Editor
Komentar
Banner
Banner