Sport

Formula 1 GP Singapura: Kesempatan Max Verstappen Untuk Mengunci Gelar Juara Lebih Cepat

Max Verstappen dapat mengunci gelar juara dunia pada seri balapan di Singapura asal mampu finish diurutan pertama.

Featured-Image
Max Verstappen dapat mengunci gelar juara dunia lebih cepat di GP Singapura. (Foto: Formula 1)

bakabar.com, JAKARTA – Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen memiliki kesempatan pertama untuk mengunci gelar juara dunia musim ini pada balapan F1 Singapura yang akan diadakan di Sirkuit Marina Bay pada Minggu (2/10).

Verstappen yang saat ini sudah unggul poin yang sangat jauh dari Charles Leclerc yang menduduki posisi kedua dan Sergio Perez diurutan ketiga. Pebalap asal belanda tersebut akan memastikan gelar juara F1 2022 asalkan Verstappen memenangkan balapan tersebut.

Jelang F1 Singapura 2022, Verstappen telah mengoleksi 335 poin, ia unggul 116 poin dari pebalap Ferrari itu, dan unggul 125 poin dari rekan setimnya Sergio Perez.

Namun, perjuangan Max Verstappen untuk mengunci gelar juara F1 di Sirkuit Marina Bay tidaklah mudah baginya.

Pembalap asal Belanda tersebut dapat mengunci gelar juara tersebut, namun syarat-syaratnya bisa dibilang cukup berat.

Syarat utamanya yaitu Verstappen harus finish diurutan pertama balapan F1 Singapura tersebut, kendati harus tetap tergantung pada hasil yang diraih oleh Charles Leclerc dan Sergio Perez.

Max yang merupakan juara bertahan mengaku tidak akan ingin terburu-buru untuk mengklaim  kembali gelar juara kali ini. Ia menegaskan akan tetap focus untuk menampilkan yang terbaik dalam setiap balapan yang ia jalani.

Kemenangan Verstappen di sirkuit Monza akhir pekan lalu semakin memperlebar jarak dengan rival-rivalnya untuk memperebutkan gelar juara dunia Formua 1.

Dengan begitu, ada dua skenario yang harus Max Verstappen lalui untuk mengunci gelar juara, jika ia tidak finish diurutan pertama pada balapan di sirkuit Marina Bay.

Skenario Pertama

Max Verstappen harus dapat unggul 138 poin diatas Leclerc yang berada di urutan kedua klasemen. Oleh karena itu, Verstappen harus dapat menang dengan fastest lap dan pembalap Ferrari (Leclerc) finish di peringkat ke-8 atau lebih rendah.

Sedangkan Perez harus finish di urutan keempat atau lebih rendah tanpa fastets lap serta berharap agar pembalap Mercedes, Russell dapat menyelesaikan balapan di posisi ke-2 atau lebih rendah.

Dengan skenario pertama tersebut, maka Verstappen tetap dipastikan dapat meraih juara dunia F1 di GP Singapura, meskipun masih memiliki sisa balapan.

Skenario Kedua

Skenario selanjut, jika Verstappen ingin memastikan gelar juara dunia dengan cepat ia harus berhasil memenangkan balapan F1 GP Singapura meskipun tanpa meraih fastest lap.

Asalkan dengan catatan, Leclerc harus finish di urutan ke-9 atau lebih bawah tanpa fastest lap. Selanjutnya, skenario tersebut harus membuat Perez finish di urutan ke-4 atau lebih rendah tanpa fastest lap, dan Russell menyelesaikan balapan di posisi ke-2 atau lebih rendah tanpa fastest lap.

Dengan skenario tersebut membuat Max Verstappen unggul jumlah kemenangan atas Perez.

10 Besar Klasemen Sementara Formula 1

Klasemen Formula 1
Klasemen Formula 1
Editor


Komentar
Banner
Banner