Formula 1

Max Verstappen Juara GP Jepang, Red Bull Rebut Gelar konstruktor F1 2023

Max Verstappen semakin dekat mempertahankan gelar juara dunia Formula 1 (F1) setelah meraih kemenangan pada Grand Prix Jepang, Minggu (24/9).

Featured-Image
Tim Red Bull Racing memastikan juara kontruktor Formula 1 2023 usai Max Verstappen menjadi juara GP Jepang, Minggu (24/9). (foto: x/@redbullracing)

bakabar.com, JAKARTA -Max Verstappen sukses membawa Red Bull Racing merebut gelar konstruktor Formula 1 (F1) 2023 usai menjadi juara saat balapan Grand Prix Jepang, Minggu (24/9).

Pembalap asal Belanda itu berhasil menjadi yang tercepat setelah menyentuh garis finis terdepan dengan waktu 1 jam 30 menit 58,421 detik saat balapan yang berlangsung di Sirkuit Suzuka.

Catatan itu membuatnya unggul 19,387 detik dari pembalap McLaren Lando Norris yang finis kedua, Sedangkan podium ketiga ditempati rekan Norris di McLaren, Oscar Piastri.

Sementara pembalap Ferrari Charles Leclerc berada di peringkat keempat. Dua pembalap Mercedes. Lewis Hamilton dan George Russell masing-masing harus puas finis di posisi kelima dan ketujuh.

Baca Juga: Juarai GP Belanda, Max Verstappen Samai Rekor 2 Legenda F1

Keberhasilan ini sekaligus membuat Verstappen membantu Red Bull Racing memastikan merebut gelar konstruktor F1 pada musim ini.

Bahkan, itu membuat Red Bull mencatatkan rekor sebagai tim pertama dalam sejarah F1 yang memenangkan kejuaraan tim dengan masih menyisakan enam balapan.

Pasalnya, tim yang berbasis di Milton Keynes itu unggul 318 poin dari Mercedes yang berada di posisi kedua dalam klasemen dan sudah tidak mungkin terkejar di balapan sisa.

Ini merupakan gelar konstruktor keenam yang diraih Red Bull sejak musim debut mereka di F1 pada 2005.

Baca Juga: Tim Red Bull Racing Honda Raih Kemenangan Beruntun ke-11 di F1 2023

Sedangkan bagi Verstappen, ini merupakan kemenangan ke-13 dari 16 seri yang sudah dilalui sepanjang F1 musim ini.

Hasil itu sekaligus menambah keunggulannya menjadi 177 poin atas rekan setimnya Sergio Perez, yang tidak menyelesaikan balapan di Sirkuit Suzuka.

Pembalap asal belanda itu sekarang memiliki kesempatan menjadi juara dunia F1 2023 dengan cepat. Asalkan, Verstappen bisa menjadi juara saat balapan berlangsung di GP Qatar, 9 Oktober mendatang.

Bahkan, ia pun berpotensi menjadi juara dunia F1 ketiga kalinya secara beruntun ketika balapan berlangsung di sprint, Sabtu (8/10), jika bisa mengungguli Perez tiga poin atau lebih.

Editor


Komentar
Banner
Banner