West Ham Juara

Final Liga Konferensi Eropa: West Ham Juara, David Moyes Girang!

West Ham United resmi menyandang gelar sebagai yang terbaik pada Liga Konferensi Eropa musim 2022/2023.

Featured-Image
Perayaan juara West Ham setelah merengkuh trofi Liga Konferensi Eropa, Kamis (8/6). (Foto:dok. europacnfleague)

bakabar.com, JAKARTA - West Ham United resmi menyandang gelar sebagai yang terbaik pada Liga Konferensi Eropa musim 2022/2023. Klub dengan julukan The Hammers ini keluar sebagai juara setelah mengalahkan wakil Italia, Fiorentina dengan skor akhir 1-2.

Bermain di Fortuna Arena, Praha, Kamis (8/6) dini hari, kedua tim sebenarnya sama-sama menunjukkan permainan terbuka. Serangan demi serangan saling juga tak terhindarkan. Namun di babak pertama kedua tim masih sama-sama belum bisa menciptakan gol. 

Keran gol baru terbuka dimenit 62 lewat eksekusi titik 12 pas Said Benrahma. Penalti didapatkan West Ham usai bola menyentuh kapten Fiorentina, Nikola Milenkovic. 

Baca Juga: West Ham Melaju ke Final Kompetisi Eropa, Declan Rice: Pablo Fornals Sejarah Klub

Tapi respon cepat ditunjukkan oleh Fiorentina. Klub dengan julukkan La Viola berhasil menyamakan skor pada menit ke-67 lewat kerjasama apik antara Giacomo Bonaventura dan Nico Gonzalez. Sepakan Bonaventura tidak dapat dihalau kiper West Ham, Alphonse Areola. 

Skor imbang 1-1 ini bertahan hingga jelang pertandingan usai. Tetapi aksi ciamik dari Lucas Paqueta di menit 90, dengan memberikan umpan terobosan mendatar kepada Jarrod Bowen mampu diselesaikannya dengan brilian. 

Gol ini menjadi mimpi buruk untuk Fiorentina. Gol yang menjadi 'killing the game' dari pertandingan final kali ini. 

Baca Juga: Road To Final Conference League: Fiorentina Vs West Ham, Duel Tim Haus Gelar Eropa

Tim asuhan David Moyes pun menyempurnakan penampilan mereka di Liga Konferensi Eropa musim 2022/2023 tanpa mengalami satu kekalahan pun. Catatan ini memberikan kesan yang luar biasa untuk sang Pelatih. Moyes merasa anak asuhnya layak mendapatkan ini karena mereka sudah tampil luar biasa. 

"Tahun ini kami tidak terkalahkan di Eropa, yang luar biasa. Berada di Liga Europa musim depan akan menjadi sensasi lagi," terang David Moyes dilansir dari BT Sport. 

"Saat-saat ketika Anda menang di menit terakhir pertandingan permainan dan merayakannya dengan keluarga Anda jarang terjadi," katanya menambahkan. 

Baca Juga: Fiorentina Tantang Inter di Final Coppa Italia

"Itu bisa merugikan Anda, tetapi malam ini adalah perasaan yang brilian. Kompetisi ini sangat bagus bagi kami, para pemain luar biasa," pungkasnya. 

Trofi ini pun menjadi 'pengobat rindu' bagi para fans setelah terakhir kali West Ham bisa mengangkat Piala Winners Eropa 1964/65 (sekarang Liga Konferensi Eropa) pada musim 1964/1965.

Capaian ini juga membuat The Hammers bakal tampil di kompetisi kasta kedua antar klub elit benua biru, UEFA Europa League untuk musim 2023/2024.

Editor


Komentar
Banner
Banner