Final UEFA Conference League

Road To Final Conference League: Fiorentina Vs West Ham, Duel Tim Haus Gelar Eropa

Dua tim besar benua Eropa, Fiorentina dan West Ham United akan bentrok pada final Liga Konferensi Eropa dini hari nanti, Kamis (8/6) di stadion Fortuna Arena

Featured-Image
Final Liga Konferensi Eropa. (Foto: dok. europacnfleague)

bakabar.com, JAKARTA - Dua tim besar benua Eropa, Fiorentina dan West Ham United akan bentrok pada final UEFA Conference League dini hari nanti, Kamis (8/6) di stadion Fortuna Arena, Praha.

Pertemuan kedua tim diprediksi akan berlangsung menarik. Sebab keduanya tengah mengincar tiket 'gratis' untuk bisa tampil dikompetisi nomor dua didaratan benua biru yakni Liga Europa.

Seperti yang sudah diketahui, juara dari UEFA Conference League ini dipastikan bakal tampil pada kompetisi kasta kedua benua Eropa.

Jika melihat klasemen dari kedua tim di liga domestik, mereka sama-sama dipastikan tidak dapat tampil dalam kompetisi Eropa.

Baca Juga: Brahim Diaz Dibawa Pulang Real Madrid, AC Milan Pepet Pulisic

La Viola -julukan Fiorentina- mengakhiri musim dengan bertengger di posisi ke-8 klasemen Seria A. Sedangkan tim asuhan David Moyes terpaku diperingkat 14 klasemen liga Inggris.

Langkah Fiorentina untuk sampai ke partai puncak cukup mengesankan. Tim racikan Vicenzo Italiano sempat kalah 2-1 pada semifinal leg pertama menghadapi FC Basel.

Tetapi tim dengan warna khas Ungu ini mampu bangkit dengan menyudahi pertandingan leg kedua dengan skor 3-1. La Viola pun berhak atas satu tiket di final. Moment ini diakui sang pelatih menjadi yang tidak terlupakan.

"Saat kami tiba di stadion, pikiran pertama saya kami harus memulai dari jalur ini. Babak play-off di Belanda, dan 14 pertandingan sulit yang memberi kami kesempatan untuk datang ke sini untuk memperebutkan trofi. Itu adalah perjalanan yang luar biasa di mana kami berkembang dari pertandingan demi pertandingan,” ujar Vincenzo melalui laman resmi UEFA.

Baca Juga: Jalani Tes Medis Dalam Waktu Dekat, Mac Allister Selangkah Lagi Gabung Liverpool

Sedangkan sang penantang, The Hammers -julukan West Ham- melenggang ke final usai menang meyakinkan di dua leg semifinal menghadapi AZ Alkmaar asal Belanda.

Pada leg pertama mereka menang dengan skor 0-1. Kemudian di leg kedua saat tampil sebagai tuan rumah, West Ham menang tipis dengan skor 2-1.

Modal lain yang menjadi keunggulan dari West Ham, mereka tercatat belum terkalahkan selama kompetisi Liga Konferensi Eropa musim ini.

Momentum final ini juga menjadi harapan dari Moyes sebagai pelatih untuk mengembalikan kejayaan timnya.

Baca Juga: Deal! Karim Benzema Resmi Gabung Al-Ittihad

“Berada di final Eropa untuk manajer mana pun adalah hal yang menggetarkan. Mudah-mudahan ini adalah awal (untuk West Ham). Saya selalu mengatakan saya pikir tahun-tahun terbaik akan datang tetapi saya yakin menikmati momen ini,” tutur Moyes.

Kalau menelisik kiprah kedua tim kompetisi antara klub benua Eropa, memagng keduanya sudah lama tidak banyak berbicara.

Untuk West Ham, klub asal kota London ini terakhir kali menjadi juara pada kompetisi Eropa ditahun 1964/1965. Mereka menjadi juara dengan nama kejuaraan kala itu European Cup Winners. Sementara Fiorentina, juga sempat menjuara trofi yang sama namun dimusim 1960/1961.

Laga final kedua tim akan disiarkan langsung oleh SCTV dan juga Vidio.com. Rencananya laga akan dimulai sejak pukul 02.00 WIB.

Baca perjalanan Fiorentina dan West Ham di halaman berikutnya

HALAMAN
12
Editor
Komentar
Banner
Banner