Pemkab Kotabaru

Festival Gekraf Banua se-Kalsel 2023 di Kotabaru, Kembangkan Sektor Ekonomi Kreatif

Festival Gerakan Ekonomi Kreatif (Gekraf) Banua se-Kalimantan Selatan di Kotabaru resmi dibuka, Jumat (17/11) malam.

Featured-Image
Festival Gekraf Banua se-Kalsel 2023 di Kotabaru resmi dibuka. Foto : Apahabar.com/ Masduki

bakabar.com, KOTABARU - Festival Gerakan Ekonomi Kreatif (Gekraf) Banua se-Kalimantan Selatan di Kotabaru resmi dibuka, Jumat (17/11) malam.

Even yang digelar di Siring Laut Kotabaru secara resmi dibuka oleh Sekda Said Akhmad, didampingi Plt Kadisparpora Risa Ahyani.

Turut hadir dalam pembukaan para kepala dinas di lingkup Pemkab Kotabaru, mitra kerja serta seluruh tamu undangan.

Festival tersebut bertujuan untuk pengembangan sebanyak 17 subsektor ekonomi kreatif sebagai pilar ekonomi di masa mendatang.

Said Akhmad mengapresiasi atas dibukanya Festival Gekraf Banua se-Kalsel di Bumi Sa Ijaan. Gekraf, kata dia, merupakan sebuah organisasi komunitas dalam bidang pengembangan ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia.

"Jadi, Gekraf sendiri adalah gerakan ekonomi kreatif nasional (Gekraf) yang merupakan sebuah gerbong penggerak ekonomi kreatif di Indonesia yang terfokus pada pengembangan 17 Sub Sektor ekonomi kreatif sebagai pilar ekonomi dimasa depan," ujarnya.

Sebagai wujud kepedulian untuk menghimpun anak-anak muda yang kreatif, dia memastikan Gekraf Kotabaru bisa terus konsisten menjadi organisasi terbuka dan mampu berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam upaya mengembangkan sektor ekonomi kreatif di daerah.

Selanjutnya Said juga mengucapkan selamat kepada Ketua, Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Gekraf Kotabaru tahun 2023-2025, dan diharapkan lokomotif bersama membangkitkan ekonomi kreatif bagi para pelaku usaha di Bumi Sa Ijaan.

Sementara itu, Risa Ahyani menambahkan kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya mengimplementasi Peraturan Daerah No 3 Tahun 2022 tentang pengembangan ekonomi kreatif.

"Dengan beberapa tahapan di tahun 2023 telah melaksanakan pemetaan potensi ekonomi kreatif bekerjasama dengan LPPM Universitas Lambung Mangkurat dan hasilnya ada 17 Sub Sektor sudah terpetakan di seluruh wilayah Kotabaru," katanya.

Event ini sekaligus untuk memfasilitasi pendaftaran 40 karya cipta hak kekayaan intelektual (HAKI) melalui Kemenkumham Provinsi Kalsel dan di tahun mendatang akan membangun Creative Hub Kotabaru.

"Insyallah tahun 2024 nanti kita akan  membangun Creative Hub Kotabaru sebagai sentra pembinaan ekonomi kreatif di Kabupaten Kotabaru sehingga upaya peningkatan kualitas produk serta strategi pemasarannya bisa lebih tepat sasaran," harapnya.

Sebagai informasi tambahan dalam event ini, terdapat banyak stand yang menampilkan produk UMKM mulai dari hiasan pernak-pernik, sasirangan hingga kuliner, dan lainnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner