Tak Berkategori

Era Globalisasi, Kemampuan Berbahasa Inggris, Serta Keuntungannya

apahabar.com, BANJARMASIN – Saat ini kita sudah memasuki era globalisasi. Tidak heran jika kita perlu meningkatkan…

Featured-Image
Ilustrasi percakapan – Foto: freepik

bakabar.com, BANJARMASIN – Saat ini kita sudah memasuki era globalisasi. Tidak heran jika kita perlu meningkatkan kemampuan dalam hal berbahasa, khususnya bahasa Inggris dalam rangka mempermudah untuk berkomunikasi nantinya.

Pada era ini, sangat mungkin bagi perusahaan asing untuk membuka cabang usaha di Indonesia ataupun pekerja asing yang ingin bekerja di Indonesia.

Dalam kasus ini, pekerja lokal harus mampu bersaing. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kemampuan berbahasa, terutama bahasa Inggris.

Beberapa perusahaan saat ini menjadikan bahasa Inggris sebagai tolok ukur yang begitu penting bagi karyawannya. Melakukan percakapan dalam bahasa Inggris sudah menjadi rutinitas sehari-hari.

Ada yang menerima kemampuan berbahasa Inggris secara pasif, ada pula yang meminta karyawannya bisa berbahasa inggris dengan aktif.

Mereka yang hanya mampu berbahasa Inggris secara pasif inilah yang nantinya akan mengalami kesulitan dalam hal berkomunikasi secara langsung. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan terjadi beberapa kesalahan dalam penyusunan dan pengucapan kata secara umum.

Berikut merupakan gambaran percakapan dalam bahasa Inggris.

Anna: Laura! How are you? It’s been a long time since we last met.

Laura: Oh, hi Anna! I have got a new job now and is going great. How about you?

Anna: I have been so busy with the new business that I have not had the time to do much else.

Laura: What is that?

Anna: Small business, a coffee shop.

Laura: Sounds cool! Don’t forget to invite me to your soft opening.

Anna: Sure, please come.

Selain untuk berkomunikasi, memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni dapat membuka gerbang untuk meraih jenjang karir yang lebih tinggi.

Jika tidak ingin tertinggal, maka belajar bahasa Inggris dari sekarang tidaklah terlambat. Setidaknya sampai kepada tahap mengerti percakapan menggunakan bahasa Inggris, serta meminimalisir kesalahan umum dalam hal tata bahasanya.

Belajar Bahasa Inggris Online

Bagi beberapa orang, belajar bahasa Inggris akan menambah padat jadwal kegiatan sehari-hari miliknya. Terlebih bagi mereka yang berstatus sebagai karyawan kantoran atau yang sudah memiliki pekerjaan tetap.

Sebuah pepatah kuno mengatakan, "dimana ada niat, di situ ada jalan".

Di zaman revolusi industri 4.0 segala hal menjadi begitu mudah. Bekerja, belajar, bahkan bersantai dapat dilakukan dalam satu waktu. Semua karena internet yang telah membuat semua kebiasaan lama kita berubah.

Kita mengikuti beberapa pelajaran melalui beberapa situs online, salah satunya EF. Di sini kita bisa mencari beberapa tempat kursus yang menyediakan layanan kelas bahasa inggris untuk karyawan dan kelas online.

Selain tempat kursus, kita juga bisa meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dengan cara membaca buku bahasa inggris atau menonton film dengan subtitle bahasa inggris di sela-sela waktu istirahat. Menyenangkan bukan?

Jika kita sudah menguasai sedikit percakapan dalam bahasa Inggris, saatnya untuk menuju ke tingkat yang sedikit lebih sulit, yaitu grammar atau tata bahasa. Berikut beberapa kesalahan umum dalam grammar.

  • Terlalu banyak kata dalam kalimat
  • Penggunaan pronomina yang kurang tepat
  • Penggunaan apostrophe yang salah
  • Mengakhiri kalimat menggunakan preposisi

Selain empat kesalahan di atas, masih ada beberapa kesalahan lainnya. Teruslah mencari tahu, agar ke depannya kita lancar dalam berbahasa Inggris.



Komentar
Banner
Banner