Threads

Elon Musk Siap Gugat Threads, Seperti Apa Kesamaannya dengan Twitter?

Aplikasi media sosial baru, Threads, belum lama dirilis. Namun Mark Zuckerberg malah terancam digugat.

Featured-Image
Threads aplikasi saingan Twitter. Foto: Independent/Copyright 2023 The Associated Press.

bakabar.com, JAKARTA – Aplikasi media sosial baru, Threads, belum lama dirilis. Namun Mark Zuckerberg malah terancam digugat.

Meta Platforms, Inc yang merupakan perusahaan induk dari Facebook baru saja merilis aplikasi media sosial baru, Threads. Tapi, CEO Meta Mark Zuckerberg justru kena gugat.

Hal itu disampaikan oleh pemilik perusahaan kendaraan listrik, Tesla sekaligus CEO Twitter, Elon Musk. Ia menyatakan melalui akun Twitternya bahwa Threads dinilai menjiplak apilkasi media sosial microblogging Twitter.

“Kompetisi boleh-boleh saja, curang tidak,” tulis Elon Musk melalui akun twitter @ekonmusk.

Baca Juga: Threads Langsung Booming Diunduh Jutaan Orang, Apa Saja Kelebihannya?

Menurut Elon Musk kesamaan Threads  bisa terjadi karena adanya dugaan keterlibatan mantan pegawai Twitter yang diperkerjakan Meta dalam pengembangan aplikasi tersebut.  

Namun juru bicara Meta, Andy Stone membantah tuduhan tersebut. Ia mengatakan Threads dibuat tanpa ada partisipasi dari mantan pegawai Twitter sehingga hal itu sangat tidak mungkin terjadi.

Lantas kesamaan seperti apa yang dimaksud oleh Elon Musk. Apahabar.com telah merangkum sejumlah persamaan dari kedua apilkasi tersebut sebagai berikut.

Baca Juga: Threads Tak Sendiri, Ini Deretan Media Sosial Pesaing Twitter

Unggahan Singkat

Threads dan Twitter termasuk sebagai media sosial microblogging, artinya aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk menulis sejumlah pesan dalam bentuk teks yang biasa dibatasi menjadi 200 kata per unggahan.

Tapi, ada setu perbedaan yang dimiliki keduanya, dimana Threads memungkinkan pengguna untuk mengunggah pesan hingga 500 kata dan Twitter hanya mengizinkan maksimal 280 kata.

Tampilan Aplikasi

Hal yang paling jelas terlihat adalah kesamaan tampilan aplikasi antara Threads dan Twitter.  Linimasa atau timeline kedua aplikasi menampilkan urutan unggahan sesuai kronologi waktu saat dibagikan ke publik.

Pengguna akan mendapatkan informasi terbaru mengikuti pembaruan unggahan secara otomatis. Hal itu yang akhirnya banyak warganet yang melakukan perbandingan langsung antar kedua aplikasi.

Baca Juga: Cek Fakta: Threads Kena Sindir Habis Bos Twitter Elon Musk

Interaksi Pengguna

Kesamaan tampilan juga terlihat pada bagian intraksi langsung antar pengguna. Threads dan Twitter menyediakan berbagai fitur yang memfasilitasi interaksi pengguna dalam bentuk menyukai, berkomentar, dan membagikan ulang unggahan.

Di sisi lain fitur-fitur itu lebih dulu diperkenalkan oleh Twitter. Tapi ada satu pembeda, Threads tidak memiliki fitur pengiriman pesan langsung antar pengguna atau direct message seperti di Twitter.

Kontrol Privasi

Sama seperti aplikasi media sosial lainnya, pengguna kedua aplikasi dapat menyesuaikan pengaturan privasi antara akun publik atau pribadi. Hal itu memungkinkan individu untuk melakukan kontrol atas siapa yang dapat mengakses konten mereka dan terlibat dengan postingan mereka.

Baca Juga: Threads Jagoan Baru Meta, Rival Untuk Twitter?

Aksesibilitas

Threads dan Twitter sudah tersedia pada berbagai platform, termasuk akses dengan computer melalui situs resmi dari masing-masing aplikasi.

Tapi ada pembeda yang cukup signifikan dari Threads. Pengguna apilkasi tersebut harus menghubungkan akun Intagram dengan Threads. Karena keduanya saling berkaitan maka ketika hendak menghapus akun Threads maka pengguna harus terlebih dahulu menghapus akun Instagram.

Editor
Komentar
Banner
Banner