Fitur WhatsApp Terbaru

Fungsi Fitur Channels pada WhatsApp, Bisa Buat Apa Saja?

CEO Meta, Mark Zuckerberg baru saja mengumumkan fitur terbaru dari WhatsApp, yaitu Channels atau Saluran.

Featured-Image
Whatsapp Application Screenshot (Pexels.com/Anton)

bakabar.com, JAKARTA - CEO Meta, Mark Zuckerberg baru saja mengumumkan fitur terbaru dari WhatsApp, yaitu Channels atau Saluran.

"Hari ini kami mulai meluncurkan WhatsApp Channels secara globalm dan menambahkan ribuan saluran baru yang dapat diikuti orang-orang di WhatsApp. Anda dapat menemukan Channels di tab update," tulis Mark, dikutip Jumat (15/9).

Channel WhatsApp (Foto: tangkapan layar/Facebook)
Channel WhatsApp (Foto: tangkapan layar/Facebook)

Dalam postingan tersebut, terlihat contoh bahwa WhatsApp Channels dapat digunakan oleh Mark dalam memberikan informasi mengenai update fitur dari Meta.

Fitur ini sejatinya telah hadir lebih dahulu di Instagram. Banyak publik figur yang telah memanfaatkan fitur ini untuk dapat berinteraksi dengan para pengikutnya.

Baca Juga: Perbedaan Spesifikasi iPhone 15 Pro Max dengan iPhone 14 Pro Max

Nantinya, para pengikut Channel akan dapat memberikan react pada update apapun yang diberikan oleh sang pemilik Channel tersebut.

Bukan hanya itu, merangkum berbagai sumber, setidaknya ada tiga fungsi lain dari Channel WhatsApp yang dapat dimanfaatkan. Berikut adalah fungsi lainnya:

Interaksi tanpa diketahui

Interaksi yang terjadi dalam Channel WhatsApp bersifat satu arah. Dengan kata lain, hanya akun admin/pemilik Channel yang dapat mengirimkan pesan kepada pengguna lainnya.

Format pesan yang dapat dibagikan oleh pemilik Channel itu sendiri berupa foto, video, pesan teks, dokumen, hingga poling interaktif.

Pengguna lainnya yang ingin berinteraksi, hanya dapat mengirimkan reaksi emoji (react).

Baca Juga: Tanda 'X' Muncul di Story WhatsApp, Apa Maksudnya?

Meskipun adanya interaksi berupa react, tidak ada yang dapat melihat profil ataupun nomor telepon mana saja yang telah memberikannya.

Dengan begitu, pengguna akan terhindar dari potensi penipuan atau dihubungi oleh kontak asing antar pengguna Channel yang sama.

Berbagi informasi dengan waktu singkat ke banyak orang

Fitur Channel ini dapat dimanfaatkan untuk berbagi informasi ke banyak orang secara bersamaan, dengan lebih mudah secara satu arah.

Untuk saat ini, fitur Channel baru dapat digunakan oleh individu atau organisasi yang terverifikas dan bermitra dengan Meta.

Baca Juga: Sederet Peningkatan iPhone 15 Pro Series, Rangka Titanium dan USB 3.0

Ke depannya, WhatsApp akan mempertimbangkan siapa lagi yang akan dapat membuat Channel.

Fitur Channel ini sendiri baru akan muncul setelah pengguna melakukan update terkini versi aplikasinya.

Penelusuran bakabar.com, Jumat (15/9) pada versi WhatsApp terbaru di 2.23.18.79, belum terdapat fitur ini. Mungkin, kita perlu bersabar sedikit lagi agar dapat kebagian fitur ini secara menyeluruh.

Jadi, apakah kamu tertarik juga untuk dapat memanfaatkan fitur ini nantinya?

Editor
Komentar
Banner
Banner