Motor Listrik Baru

Electrum H5 Mengaspal, Motor Listrik Baru yang Bisa Tempuh 120 km

Motor listrik baru Electrum H5 diluncurkan di Tanah Air, siap jadi armada baru Gojek. Simak spesifikasinya.

Featured-Image
Peluncuran motor listrik Electrum H5. Foto: Harun/apahabar.com

bakabar.com, JAKARTA - Perusahaan teknologi, Electrum, meluncurkan motor listrik H5 sebagai armada baru dalam layanan GoRide Electric dari Gojek.

Dalam kesempatan ini, Electrum juga memamerkan teknologi pendukung motor listrik H5 yakni baterai dengan mekanisme penukaran di fasilitas Battery Swap Station (BSS).

BSS sebagai sarana penukaran baterai Electrum H5 kini sudah ada di 40 lokasi di Jakarta.

Penempatannya akan berada di gerai Indomaret dan Alfamidi, bengkel Planet Ban, kantor cabang bank Mandiri, hingga SPBU Pertamina yang menjadi mitra Electrum.

Baca Juga: Mitsubishi Motors Sajikan Program Diskon Spesial untuk Loyal Customer

Sementara pada 2024, jumlah BSS Electrum rencananya akan ditambah menjadi 1.000 unit lebih. Dan bisa ditemui di berbagai lokasi di Jakarta setiap 2 kilometer.

Menurut CEO Electrum, Jack Yang, Electrum H5 merupakan capaian awal dalam ekosistem kendaraan listrik di indonesia.

“Electrum H5 merupakan motor listrik yang didesain khusus untuk jalanan Indonesia. Kami percaya peluncuran motor dan perluasan BSS, akan memperkuat komitmen kami dalam membangun ekosistem motor listrik yang komprehensif," ujarnya kepada media di Jakarta, Kamis (9/11).

Electrum H5 jadi armada kendaraan listrik baru Gojek. Foto: Harun/bakabar.com
Electrum H5 jadi armada kendaraan listrik baru Gojek. Foto: Harun/bakabar.com

Lebih lanjut, Electrum H5 dirancang dengan desain yang digarap desainer lokal Muhammad Rayhan, jebolan Jurusan Desainer Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Rayhan ditemani Yuditya Pratamaputra, lulusan Teknik Aeronautika dan Astronotika ITB yang berpengalaman 10 tahun di bidang vehicle research and development.

Baca Juga: Rangka Motor Honda dan Yamaha Sama-Sama Garansi 5 Tahun, Apa Bedanya?

Managing Director Electrum, Patrick Adhiatmadja mengatakan, Electrum hadir untuk membangun ekosistem motor listrik mulai dari pabrik di Cikarang, BSS, teknologi baterai, layanan digital, hingga layanan after sales untuk para pengguna.

"Bersama para partner, pemangku kepentingan, dan pengguna kami, Electrum terus hadirkan inovasi yang tak hanya bertanggung jawab terhadap lingkungan, layak secara ekonomi, dan bermanfaat secara sosial," jelasnya.

Sementara ini beberapa unit Electrum H5 sudah dipakai oleh driver Gojek. Dan akan menambah 500 unit motor listrik H5 secara bertahap hingga akhir 2023.

Dalam perluasan ujicoba ini, Electrum dan Gojek akan perkenalkan skema rental atau sewa dengan satu baterai Rp48 ribu dan dua baterai seharga Rp56 ribu.

Electrum H5 - bakabar.com
Baterai motor listrik Electrum H5 - APAHABAR.COM

Baca Juga: Tiga Motor Listrik Baru Charged Bisa Dipesan, Usung Konsep Berbeda

Soal spesifikasinya, Electrum H5 dapat menggendong dua baterai Li-ion. Satu baterainya berdaya 72V / 25 Ah yang didesain Electrum namun diproduksi di China.

Dengan dua baterai, Electrum H5 dapat menjangkau jarak maksimal sejauh 120 km.

Sementara tenaganya diklaim rata-rata sebesar 4 kW pada 3.000 rpm dan torsi 30 Nm di 1.600 rpm.

Electrum H5 juga diklaim memiliki top speed 90 km per jam dan kemampuan akselerasi dari kecepatan 0-60 km per jam dalam 6 detik.

Fasilitas penukaran baterai atau Battery Swap Station (BSS) Electrum H5. Foto: Harun/bakabar.com
Fasilitas penukaran baterai atau Battery Swap Station (BSS) Electrum H5. Foto: Harun/bakabar.com

Baca Juga: Motor Listrik Honda EM1 e: Hadir Akhir Tahun, Harganya Rp45 Juta

Fitur Electrum H5 di antaranya: bagasi 25 liter, dua port USB charger 10 Watt, kunci model keyless, dan koneksi aplikasi ELMA yang memuat segala informasi seputar kendaraan hingga lokasi BSS terdekat.

Namun soal harga motor listrik Electrum H5, sementara ini belum diungkapkan.

Sekadar info, Electrum merupakan perusahaan joint venture antara PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk dan PT TBS Energi Utama Tbk.

Editor
Komentar
Banner
Banner