Ekbis Sepekan

EKBIS SEPEKAN: Kunjungan Bey di Puncak Bogor hingga Omong Kosong Gibran

Sejumlah pemberitaan ekonomi-bisnis (ekbis) dalam sepekan terakhir cukup beragam. 

Featured-Image
Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, meninjau rekayasa lalu lintas di Puncak, Bogor, Minggu (24/12) (Foto: apahabar.com/Hendra).

bakabar.com, JAKARTA - Sejumlah pemberitaan ekonomi-bisnis (ekbis) dalam sepekan terakhir cukup beragam. 

Redaksi bakabar.com mencoba merangkum ada sederet berita unggulan ekbis terpopuler dalam sepekan terakhir. 

Di antaranya Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin melakukan pemantauan kemacetan 4 ribu kendaraan di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, hingga bualan Gibran Rakabuming Raka soal raja energi hijau dunia.

1. Cek Rekayasa Lalin Puncak Bogor Mengular, Bey Machmudin: Sabar

Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, meninjau rekayasa lalu lintas di Puncak, Bogor
Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, meninjau rekayasa lalu lintas di Puncak, Bogor, Minggu (24/12) (Foto: bakabar.com/Hendra).

Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar), Bey Machmudin meninjau rekayasa lalu lintas yang diterapkan di Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dia datang bersama jajaran Polda Jabar dan Kodam III Siliwangi.

"Hari ini saya bersama Pak Kapolda, bersama Pak Pangdam, Danrem, Kapolres, juga Pak Bupati mengecek antisiapsi kemacetan di Puncak ini, dan tadi kami melihat bahwa terjadi kemacetan sudah mencapai 4 ribu kendaraan pada hari ini," ujarnya.

Baca selengkapnya..

2. Smelter Nikel Meledak, Said Iqbal Tuding PT ITSS Abaikan K3

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal.
Presiden Partai Buruh Said Iqbal membeberkan isi pertemuannya mengenai pertemuannya dirinya dengan Calon Presiden Ganjar Pranowo yang diketahui terjadi saat momen May Day 2023. Foto : Apahabar.com (Andrew Tito)

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal menyoroti insiden kecelakaan smelter PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) yang berada di kawasan PT IMIP, Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng), Minggu (24/12) pagi.

Said menuding kecelakaan kerja di kawasan industri Morowali, baik yang terjadi di PT ITSS dan perusahaan lain karena mengabaikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Selain itu, terjadi pelanggengan praktik upah murah di kalangan pekerja.

"Tim Pencari Fakta harus segera turun ke lapangan hari ini untuk menyelidiki apa yang sesungguhnya terjadi. Persoalan K3 sudah terjadi berulang-ulang dan tidak bisa dibiarkan," tegas Said Iqbal kepada bakabar.com, Senin (25/12).

Baca selengkapnya..

3. Smelter Meledak, JATAM Desak Jokowi hingga Kapolri Periksa PT IMIP

Presiden Jokowi - apahabar
Presiden Jokowi memberikan keterangan seputar isu terkini di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Antara

Jaringan Advokasi Tambang (JATAM) mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk segera memproses secara hukum terkait kejahatan yang dilakukan PT IMIP.

"Terutama terkait dugaan pelanggaran hukum dalam ketenagakerjaan, lingkungan hidup dan warga yang terdampak," ujar Koordinator JATAM, Melky Nahar.

Baca selengkapnya..

4. Mengintip Geliat Industri Turunan ATM: Euronet Worldwide

Presiden Direktur PT Euronet Technologies Indonesia, Melissiana D. Kriswandi
Presiden Direktur PT Euronet Technologies Indonesia, Melissiana D. Kriswandi. Foto: bakabar.com/Bambang Susapto

Hampir sebagian besar masyarakat memiliki kartu penarikan uang atau lebih populer disebut dengan kartu anjungan tunai mandiri (ATM).

Namun, tidak banyak orang tahu setiap proses transaksi uang tersebut ada industri yang turut membantu proses lancarnya pengiriman uang.

Euronet Worldwide salah satu perusahaan global asal Amerika Serikat yang menjadi penyedia pembayaran elektronik. Industri jaringan yang dijalankan tersebut memungkinkan setiap transaksi dapat dilakukan secara multiuser.

Baca selengkapnya..

HALAMAN
12
Editor
Komentar
Banner
Banner