pilpres 2024

Dukung Anies, PKS Tak Patok Syarat Jadi Cawapres 2024

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mendukung Anies Baswedan sebagai calon Presiden yang bakal terjun gelanggang di Pilpres 2024. Namun, PKS tak mematok

Featured-Image
Pertemuan Anies Baswedan dengan Ahmad Heryawan di kantor DPTP PKS (Donny/PKSFoto )

bakabar.com, JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mendukung Anies Baswedan sebagai calon Presiden yang bakal terjun gelanggang di Pilpres 2024. Namun, PKS tak mematok syarat menjadi calon wakil presiden sehingga Anies dapat leluasa menentukan nominasi figur yang bakal menjadi pendampingnya.

Wakil Ketua Majelis Syuro DPP PKS, Sohibul Iman mengatakan bahwa siapapun figur yang mengisi nominasi cawapres harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan ketiga partai, salah satunya mendongkrak pemenangan di Pilpres 2024 mendatang.

"Selama cawapres yang dipilih itu mendongkrak kemenangan, siapapun dia, tidak harus dari PKS, PKS akan tetap ada dalam koalisi ini," kata Sohibul di Jakarta, Senin (30/1).

Baca Juga: Bebaskan Anies Pilih Cawapres, NasDem Enggan Jilat Ludah Sendiri

Untuk itu, PKS menyerahkan kewenangan pemetaan nominasi cawapres kepada Anies. 

"Pada akhirnya pemilihannya diserahkan kepada capres. Tentu saja melalui mekanisme yang objektif, misalnya melalui pertimbangan elektabilitas dan sebagainya," ujarnya. 

Diketahui, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi menyatakan dukungan untuk Anies Baswedan melaju dan terjun gelanggang ke arena Pilpres 2024. Dukungan PKS membuat Anies mengantongi tiket nyapres karena memenuhi syarat presidential threshold.

"Pertama sebagaimana ditunjukkan dalam tim kecil koalisi partai pendukung Anies Rasyid Baswedan, PKS konsisten menjadi bagian dari koalisi partai pengusung Anies Baswedan di pilpres 2024, sehingga koalisi ini memenuhi PT 20 persen," kata Wakil Ketua Majelis Syuro DPP PKS, Sohibul Iman di Jakarta, Senin (30/1).

Baca Juga: Ogah Deklarasikan Anies, Sikap Politik PKS Dipertanyakan

Menurutnya, keputusan PKS yang mengalirkan dukungan bagi Anies telah diputuskan Ketua Majelis Syuro DPP PKS Salim Segaf Al Jufri sehingga Anies mendapatkan dukungan dari Partai NasDem, Demokrat, dan PKS.

Untuk itu, PKS juga bakal tetap setia dalam memenangkan Anies di Pilpres 2024. Lalu, keputusan resmi PKS juga akan dikuatkan kembali melalui Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PKS yang bakal digelar 24 Februari 2023 mendatang.

"PKS akan menyampaikan dukungan eksplisit organisatoris kepada bapak Anies Baswedan sebagai bacapres 2024-2029 pada rapat Majelis Syuro PKS yang bersamaan dengan Rakernas DPP PKS pada 24 Februari 2023," ujarnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner