Politik

Ogah Deklarasikan Anies, Sikap Politik PKS Dipertanyakan

Wakil Ketua Majelis Syuro DPP PKS, Sohibul Iman mengaku bahwa partainya telah mengalirkan dukungan bagi Anies Baswedan untuk terjun gelanggang di Pilpres 2024.

Featured-Image
Bakal calon presiden dari Partai NasDem, Anies Baswedan dan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Sohibul Iman saat menggelar pertemuan dengan tim kecil di rumah Anies, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

bakabar.com, JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Syuro DPP PKS, Sohibul Iman mengaku bahwa partainya telah mengalirkan dukungan bagi Anies Baswedan untuk terjun gelanggang di Pilpres 2024. Meski, PKS hingga kini belum resmi menyatakan dukungan melalui deklarasi resmi partai.

"Banyak yang bertanya, apa benar PKS dukung Anies. Saya katakan, kalau PKS ini tidak dukung Anies, maka tidak mungkin saya ada terus-terusan di dalam tim kecil ini," kata Sohibul di rumah Anies Baswedan, Jakarta, Jumat (27/1).

Sohibul menilai keberadaan dirinya di dalam tim kecil yang rutin menggelar pertemuan cukup menunjukkan sikap politik PKS mendukung Anies Baswedan.

Baca Juga: Tergabung Tim Kecil, Anies Masih Tunggu Dukungan Resmi PKS

"Jadi kalau saya terlibat di tim kecil ini, menunjukkan bahwa memang PKS dukung Anies," ujarnya.

PKS sedang memenuhi proses mekanisme internal melalui Majelis Syuro untuk membahas kebijakan strategis di Pilpres 2024. Termasuk memetakan rencana deklarasi dukungan resmi PKS kepada Anies Baswedan yang hingga kini masih digantung.

"Nanti pada waktunya kami akan deklarasikan," jelasnya.

Baca Juga: Paloh Temui Jokowi: Bicarakan Nasib Anies dan Usul Batalkan Reshuffle Menteri

Diketahui, Anies Baswedan menggelar pertemuan dengan tim kecil yang terdiri dari perwakilan Partai NasDem, Demokrat, dan PKS di rumah pribadinya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat (27/1).

Dalam pertemuan tersebut dihadiri elite ketiga partai yakni Sekjen DPP Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman, dan Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto.

Perwakilan tim Anies Baswedan, Sudirman Said masih menantikan dukungan resmi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk memberi restu kepada Anies terjun gelanggang di Pilpres 2024. Meski tergabung dalam tim kecil, PKS hingga kini masih menggantung sikapnya terkait pencapresan Anies.

"Insya Allah kita doakan mudah-mudahan teman kita dari PKS juga akan menyusul pernyataan semacam itu kita tunggu proses internal yang sedang berlangsung dan dalam proses finalisasi mudah-mudahan," kata Sudirman di rumah pribadi Anies, Lebak Bulus, Jakarta, Jumat (27/1).

Mantan Menteri ESDM menerangkan pihaknya telah mengantongi dukungan resmi dari Partai NasDem dan Demokrat. Namun, PKS masih menggantungkan sikapnya sehingga Koalisi Perubahan belum dideklarasikan dan tiket presidential threshold 20 persen belum terpenuhi.

"Tentu yang paling baru adalah kita tahu kemarin Pak Agus Harimurti Yudhoyono Ketua Umum Partai Demokrat mengeluarkan rilis atau statement bahwa telah secara resmi mendukung pencalonan itu kita syukuri," ungkap dia.

Editor


Komentar
Banner
Banner