Piala Dunia 2022

Dramatis! Argentina Juara Piala Dunia 2022 lewat Adu Penalti

Timnas Argentina berhasil meraih gelar juara Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Prancis lewat babak adu penalti

Featured-Image
Argentina Juara Piala Dunia 2022 (Foto: Twitter @fifaworldcup)

bakabar.com, JAKARTA – Tim Nasional Argentina berhasil merebut gelar juara Piala Dunia 2022 dari Prancis usai menaklukan Les Bleus lewat babak adu penalti.

Bermain di Lusail Iconic Stadion, Prancis sempat tertinggal lebih dahulu di awal babak pertama lewat gol Messi dan Di Maria.

Les Bleus berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 di akhir-akhir babak kedua lewat dua gol Kylian Mbappe yang bersarang di gawang Emiliano Martinez.

Duel sengit di partai final pun akhirnya dilanjutkan dengan babak ekstra time yang membuat kedua tim sempat menambah pundi-pundi gol mereka menjadi 3-3.

Sebelum akhirnya Argentina mengakhiri partai final Piala Dunia 2022 dengan kemenangan 4-2 lewat babak adu penalti.

Baca Juga: Argentina Vs Prancis, Albiceleste Unggul 2-0 di Babak Pertama

Jalannya pertandingan babak kedua

Memasuki 45 menit babak kedua, Argentina kembali tampil menekan pertahanan anak asuh Didier Deschamps usai turun minum.

La Albiceleste nyaris menciptakan gol ketiga mereka di menit ke-49, menekan pertahanan Les Bleus, umpan silan Angel Di Maria diteruskan lewat sepakan setengah voli Rodrigo De Paul.

Namun, sepakan keras kaki kanan Rodrigo masih berhasil diamankan dengan baik oleh kiper Hugo Lloris.

Di menit ke-59, Argentina kembali menebar ancaman ke gawang Lloris. Kali ini lewat sepakan kaki kiri Julian Alvarez di dalam kotak penalti Les Bleus.

Menerima umpan datar Di Maria dari dalam kotak penalti, pemain Manchester City langsung melepaskan tembakan dengan kaki kirinya. Beruntung, Lloris masih berhasil menepis sepakan Alvarez.

70 menit laga final sudah berjalan, Prancis baru mendapatkan peluang tembakan setelah terus menerus ditekan oleh pasukan Lionel Scaloni.

Kylian Mbappe yang mendapat ruang tembak dari luar kotak penalti, melepaskan sepakan keras kaki kananya. Namun, sepakannya masih melambung tinggi di atas mistar gawang Emiliano Martinez.

Prancis akhirnya berhasil memperkecil ketertinggalan 1-2 dari Argentina lewat sepakan Kylian Mbappe dari titik putih.

Baca Juga: Susunan Pemain Argentina Vs Prancis, Messi dan Mbappe Starter

Mbappe yang ditunjuk menjadi eksekutor tendangan penalti tak menyia-nyiakan kesempatan emas tersebut. Skor pun berubah menjadi 1-2.

Tak butuh lama bagi Kylian Mbappe untuk menggandakan golnya. Di menit ke-81, Mbappe kembali menciptakan gol kedua bagi Prancis untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Melalui serangan umpan-umpan pendek yang dilakukan oleh anak asuh Didier Deschamps. Mbappe melepaskan sepakan voli berkat umpan Marcus Thuram yang membuat gawang Emiliano Martinez kembali bergetar.

Memasuki 8 menit waktu tambahan babak kedua, kedua tim masih bergantian saling menyerah satu sama lain demi menciptakan gol tambahan.

Empat menit jelang waktu injury time berakhir, Adrien Rabiot nyaris membuat Prancis berbalik unggul. Lewat sepakan keras di dalam kotak penalti, Rabiot membuat Emiliano Martinez berkerja keras menepis tendangnya.

Tak berselang lama, sepakan keras Lionel Messi berbalik mengancam gawang Lloris. melepaskan tendangan dari luar kotak penalti dengan kaki kiri andalannya, Messi membuat Lloris terbang menepis sepakan kerasnya.

Hingga waktu tambahan babak kedua usai, skor 2-2 udah kedua tim tak kunjung bertambah. Partai final Piala Dunia 2022 pun berlanjut ke babak ekstra time.

Babak Extra Time

Alexis MacAllister membuka peluang pertama Argentina di babak ekstra time. Namun, sepakan keras kaki kanannya dari luar kotak penalti masih melebar dari gawang Lloris.

Baca Juga: Gagal di Qatar, FA Pertahankan Gareth Southgate Sebagai Pelatih Inggris

Hingga waktu ekstra time pertama tersisa dua menit, kedua tim masih belum mampu menambah pundi-pundi gol mereka.

Masuk sebagai pemain pengganti, Lautaro Martinez nyaris membuat Argentina kembali unggul. Namun, sontekannya di dalam kotak penalti masih berhasil diblok oleh Dayot Upamecano.

Lima menit setelah babak pertama ekstra time selesai, Lionel Messi kembali menjadi momok menakutkan bagi Hugo Lloris.

La Pulga kembali menciptakan gol keduanya yang membuat La Albiceleste kembali unggul dari Prancis 3-2 di babak waktu tambahan babak kedua.

Memanfaatkan bola muntah di depan gawang Lloris, Messi langsung menyambar si kulit bundar hingga membuat Hugo Lloris kembali memungut bola dari dalam gawangnya.

Prancis kembali menyamakan kedudukan menjadi 3-3 di menit ke-118 lewat titik putih. Kylian Mbappe yang kembali menjadi eksekutor tendangan penalti sukses menyarangkan bola kembali ke dalam gawang Emiliano Martinez untuk ketiga kalinya.

Gol Mbappe menjadi gol terakhir di babak ekstra time yang membuat kedua tim kembali bertarung kekuatan untuk menentukan juara dari babak adu penalti.

Babak Adu Penalti.

Menjadi penendang pertama Prancis, Kylian Mbappe berhasil mengeksekusi penalti dengan baik. Messi kemudian membalas gol Mbappe di babak adu penalti.

Kingsley Coman yang menjadi penendang kedua Prancis gagal mengeksekusi penalti, Emiliano Martinez berhasil menepis tendangan penalti Coman.

Argentina unggul di babak adu penalti, Paulo Dybla yang menjadi penendang kedua Argentina sukses membuat gawang Lloris bergetar.

Argentina semakin berada di atas angin setelah Aurelien Tchouameni gagal menceploskan bola ke dalam gawang Argentina.

Dua penendang terakhir Argentina sukses menendang penalti, yang membuat Argentina keluar sebagai juara Piala Dunia setelah unggul 4-2 di babak adu penalti.

Editor


Komentar
Banner
Banner