Darurat Karhutla

DPR Desak Polri Usut Penyebab Karhutla di Kalimantan!

Anggota Komisi IV DPR RI, Daniel Johan, mendesak Polri untuk menyelediki pelaku penyebab kebakaran hutan dan lahan (kahutla) di Kalimantan.

Featured-Image
Kepulan asap begitu tebal cukup menghambat proses pemadaman Karhutla di Desa Semangat Bakti. Foto: Syahbani

bakabar.com, JAKARTA -  Anggota Komisi IV DPR RI, Daniel Johan, mendesak Polri untuk menyelidiki pelaku penyebab kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan.

“Kita minta aparat berwajib segera menyelidiki penyebab dan pelaku karhulta. Diperlukan tindakan serius dan tegas agar menimbulkan efek jera kepada pelaku pembakaran,” kata Daniel kepada bakabar.com, Jakarta, Selasa (3/10).

Baca Juga: DPR Dorong Pemerintah Percepat Penanganan Karhutla

Legislator dari PKB tersebut menilai penghancuran hutan dan lahan dengan cara membakar tersebut merupakan bagian dari upaya menghancurkan aset negara.

Karena itu, ia menyerahkan kepada aparat penegak hukum dałam mengusut siapa saja pelaku pembakaran hutan di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat.

“Kita serahkan ke aparat, karena penghancuran hutan dan lahan adalah praktik menghancukan aset negara dan masa depan bangsa yang harus diperhatikan serius oleh aparat berwajib,” tandasnya.

Baca Juga: Wakil Ketua DPR Bungkam Ditanya soal Tragedi KM 171!

Sebelumnya, Manager Kampanye Hutan dan Kebun Eksekutif Nasional Walhi, Uli Arta Siagian menilai selama ini hutan di Kalimantan dikelola secara tidak bertanggung jawab oleh korporasi pemegang izin perkebunan monokultur dan hutan tanaman industri.

“Praktik buruk pengelolaan gambut oleh pemegang konsesi dilakukan dengan cara sengaja, yakni dengan membakar untuk pembersihan lahan. Jadi, land clearing dengan cara membakar itu bisa lebih hemat,” jelasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner