Tak Berkategori

DLH Gandeng Sopir di Kalimantan Hadapi Haul Sekumpul ke-14

apahabar.com, MARTAPURA – Jelang pelaksanaan haul Abah Guru Sekumpul ke-14, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sudah menyiapkan…

Featured-Image
Ilustrasi Jemaah Haul Sekumpul. Foto-Istimewa

bakabar.com, MARTAPURA – Jelang pelaksanaan haul Abah Guru Sekumpul ke-14, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sudah menyiapkan armada pengangkut sampah untuk acara akbar tersebut. Kali ini, pihaknya dibantu Gabungan Sopir Anak Kalimantan (GASAK).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banjar, Boyke Tristianto melalui Kabid pengelolaan sampah taman dan limbah, Riza Rusadi mengungkapkan akan mengerahkan sebanyak 30 unit truk, 15 unit tosa, dan 6 unit pikap untuk mengangkut sampah di acara Haul Abah Guru Sekumpul ke-14.

Baca Juga:Begini Cara Hemat Hadiri Haul Sekumpul ke-14

img

Riza Rusadi Kabid pengelolaan sampah taman dan limbah Dinas Lingkungan Hidup Banjar.Foto-bakabar.com/Reza Rifani

“Untuk petugas kebersihan sekitar 150 yang sudah siap dalam pelaksanaan haul,” kata Riza kepada bakabar.com, Senin (11/2).

Saat ini, sambung Riza, DLH masih melakukan persiapan rapat bersama pihak terkait untuk koordinasi penanganan sampah di Haul Sekumpul.

Riza juga membeberkan, penanganan sampah di tahun ini pihaknya dibantu Gabungan Sopir Anak Kalimantan (GASAK). Para sopir tersebut menyediakan 30 unit pikap untuk membantu pengangkutan sampah.

Menjelang Haul Abah Guru Sekumpul ke-14,lanjut Riza, pihaknya sudah melakukan pembersihan sampah di beberapa Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang berada di sekitar kota Martapura. Yakni tempat terdekat dari pusat acara haul. Sampah-sampah yang ada di sana sudah dibawa ke Tempat Pemerosesan Akhir (TPA) di Karang Intan.

“Sampah yang terkumpul di TPA setalah itu kami pilah untuk yang bisa di daur ulang, di olah kompos, dan yang bisa di jual lagi,” jelasnya.

Selain dibantu GASAK, Riza mengaku, pihaknya juga akan dibantu relawan kebersihan. Tenaga mereka sangat diharapkan untuk proses penanganan sampah.

Mengingat, Haul Sekumpul ke-12 ada 145 ton. Waktu pembersihan sekitar 2 hari. Di Haul Sekumpul ke-13 jumlah sampah naik menjadi 347 ton sampah. Masa pembersihan selama 5 hari.

“Kepada semua jemaah dimohon bisa membawa kantong sampah dan di kumpulkan ke tempat yang mudah diangkut atau diserahkan pada relawan kebersihan,” imbaunya.

Reza juga berharap para jemaah bisa membantu menjaga kebersihan. Lebih-lebih jika ada yang berminat untuk menjadi relawan kebersihan.

"Yang ingin menjadi relawan (kebersiahan) silahkan gabung," pungkasnya.

Baca Juga:BPBD Banjar Siapkan 110 Tandon untuk Haul Sekumpul ke-14

Reporter: Reza RifaniEditor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner