Tokoh Inspiratif

Ditunjuk Jadi Wakapolri, Berikut Profil Komjen Agus Andrianto

Komjen Agus Adrianto saat ini tengah hangat diperbincangkan. Ia ditunjuk oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Wakapolri

Featured-Image
Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Foto: apahabar.com/Farhan Fauran

bakabar.com, JAKARTA – Komjen Agus Andrianto saat ini tengah hangat diperbincangkan. Ia ditunjuk oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Wakapolri pengganti Komjen Gatot Eddy Pramono.

Listyo mengungkapkan pergantian Komjen Pol Agus Andrianto ditunjuk sebagai Wakapolri karena Komjen Gatot Eddy Pramono sudah memasuki masa pension.

Hal itu tertuang dalam surat telegram (TR) Nomor: ST/1393/VI/KEP./2023 pertanggal 24 Juni 2023 yang ditandatangani Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Komjen Pol Prof. Dr. Gatot Eddy Pramono, M.Si. NRP 65060657 Wakapolri dimutasikan sebagai pati Mabes Polri (dalam rangka pensiun),” tulis TR Kapolri seperti dikutip, Senin (26/6).

Baca Juga: BREAKING! Komjen Pol Agus Andrianto Resmi Jabat Wakapolri

Komjen Agus Adrianto sendiri merupakan pria kelahiran Blora, Jawa Tengah, pada 16 Februari 1967. ia telah lulus dari akademi kepolisian (akpol) pada 1989.

Setelah lulus, ia memulai karir kepolisian di di Polres Dairi, Sumatera Utara (Sumut), Kemudian Agus mendapat kesempatan menempati jabatan baru sebagai Kapolsek Sumbul pada 1992.

Jelang satu tahun setelah ia menjabat, Agus dipindahkan dari Kapolsek Sumbul ke Parapat pada 1993. Selang dua tahun kemudian ia kembali dipindahakan ke Kapolsek Percut Seituan.

Kemudian ia menjabat sebagai perwira menengah dan mendapat kesempatan untuk menduduki jabatan strategis. Baru pada 2007 Agus kembali dipindahkan sebagai Kapolres Tangerang.

Baca Juga: Berburu Promo Beragam Produk Fashion Kekinian di Jakarta Fair 2023

Kemudian posisi Agus dirotasi sebagai Kepolres Metro Tangerang dan kembali bekerja di Sumatra Utara sebagai Dirkrimum Polda Sumut.

Lalu ia diangkat menjadi Dittipidum Bareskrim Polri. Sejak saat itu Komjen Agus Adrianto mulai menangani sejumlah kasus besar, salah satunya adalah kasus yang dialami oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Saat itu Ahok diketahui melakukan pelanggran untuk kasus penistaan agama. Agus dipercaya untuk menangi kasus tersebut. Kasus itu kemudian selesai dilimpahkan ke pengadilan dan Ahok menerima hukuman penjara.

Setahun setelahnya, Agus kembali dipindahkan sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) untuk wilayah Sumatera Utara, sebelum akhirnya dipromosikan sebagai Kapolda Sumut pada 2018.

Baca Juga: Agus Jabat Wakapolri Bermodalkan Ungkap Sindikat Narkoba Internasional

Setelah Kapolda Sumut, Agus lalu ditunjuk menjadi Kabaharkam Polri sejak tahun 2019 hingga 2021. Kemudian diangkat menjadi Kabareskrim Polri pada tahun 2021 hingga 2023 menggantikan Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang sampai saat ini menjadi Kapolri.

Saat ini, Agus dipercaya oleh Kapolri untuk menjabat sebagai Wakapolri menggantikan Komjen Gatot Eddy Pramono yang tengah memasuki masa pensiun.

Editor


Komentar
Banner
Banner