Akses E-KTP

Disdukcapil Kukar Pasang Alat Pencetakan e-KTP di 20 Kecamatan

Disdukcapil Kutai Kartanegara (Kukar), mempermudah akses e-KTP, dengan menyediakan alat cetak di 20 Kecamatan.

Featured-Image
Kepala Disdukcapil Kukar, Muhammad Iryanto. Foto: Istimewa.

bakabar.com, TENGGARONG - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Kartanegara (Kukar), terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Salah satu dengan memaksimalkan pelayanan pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektonik (e-KTP) di seluruh Kecamatan Kukar.

Kepala Disdukcapil Kukar, Muhammad Iryanto mengungkapkan pihaknya telah memasang alat pencetakan e-KTP sebanyak 20 unit di 20 Kecamatan, dengan harapan bahwa unit-unit ini akan beroperasi menjelang akhir tahun.

"Tujuan utama dari pengadaan alat pencetakan KTP-el di setiap Kecamatan adalah untuk memudahkan masyarakat mendapatkan e-KTP." ungkapnya, Senin (6/11).

Baca Juga: DiskopUKM Kukar Gelar Pelatihan untuk Dukung Kemajuan UMKM

Langkah ini sebagai upaya mempermudah akses pembuatan e-KTP yang sebelumnya hanya terpusat di Disdukcapil Kukar, yang mengakibatkan antrean panjang karena jumlah pencetakan yang banyak.

Dengan adanya alat pencetakan KTP-el di setiap kecamatan yang dioperasikan oleh operator setempat, Iryanto berharap pencetakan e-KTP lebih efisien dan terdistribusi merata di seluruh Kukar.

Selain itu, Disdukcapil juga telah meluncurkan program pelayanan administrasi kependudukan yang memungkinkan warga mendapatkan berbagai jenis dokumen kependudukan dengan mudah.

Kukar Mitra Pembangunan IKN-bakabar.com
Kukar Mitra Pembangunan IKN.Foto: Diskominfo Kukar.

Layanan tersebut meliputi perbaikan Kartu Keluarga dan akta kelahiran di tingkat Desa dan Kelurahan melalui petugas narahubung Adminduk yang ditunjuk resmi oleh Kades dan Lurah.

Untuk memastikan bahwa semua warga dapat mengakses layanan ini, Disdukcapil juga telah mengatasi kendala blank spot area dengan bantuan petugas narahubung di Desa dan Kelurahan.

"Ini adalah langkah penting dalam mencapai visi dan misi Bupati Kukar untuk memantapkan birokrasi yang bersih, efektif, dan melayani." tutupnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Editor


Komentar
Banner
Banner