Pelatihan UMKM

DiskopUKM Kukar Gelar Pelatihan untuk Dukung Kemajuan UMKM

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DiskopUKM) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar pelatihan untuk memberdayakan para pelaku Usaha Mikro.

Featured-Image
Kepala DiskopUKM Kukar, Tajuddin. Foto: Istimewa.

bakabar.com, TENGGARONG - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DiskopUKM) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar berbagai program pelatihan untuk memberdayakan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sepanjang tahun 2023.

Kepala DiskopUKM Kukar, Tajuddin menjelaskan program pelatihannya hampir selesai, termasuk dalam bidang koperasi dan UMKM. Mereka menyelenggarakannya untuk meningkatkan kompetensi pelaku UMKM, seperti pelatihan kewirausahaan, pengolahan, keamanan pangan, dan sertifikasi halal.

Baca Juga: Pemeran di HKG PKK ke-51 Kukar Jadi Wadah Dukung Produk UMKM

Dalam pelatihan tersebut, DiskopUKM bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk Universitas Mulawarman (Unmul) dan Universitas Islam Negri Samarinda (UINSI) untuk menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi halal.

"Kami juga telah memberikan pelatihan akuntansi kepada 20 koperasi untuk memastikan akuntabilitas dan pertanggungjawaban yang baik," kata Tajuddin, Senin (6/11).

Tajuddin mengatakan bahwa pelatihan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan, termasuk pelatihan kewirausahaan untuk masyarakat yang termasuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Kukar Mitra Pembangunan IKN-bakabar.com
Kukar Mitra Pembangunan IKN.Foto: Diskominfo Kukar

Selain pelatihan, DiskopUKM juga memberikan bantuan sarana kepada UMKM melalui dana dari pihak dewan melalui pokir dalam APBD-P 2023. Ia berharap para peserta pelatihan dapat mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka dapatkan dalam pengembangan usahanya.

"Upaya ini juga diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM di Kukar untuk mengembangkan usaha mereka dan meningkatkan perekonomian masyarakat di Kukar." pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Editor


Komentar
Banner
Banner