tanah longsor

Delapan Rumah di Cianjur Tergerus Longsor, Lima Rusak Berat

Sebanyak 5 rumah rusak berat akibat tanah longsor di Kampung Simpang, Desa Padaluyu, Kecamatan Cikadu, Kabupaten Cianjur, Rabu (15/11).

Featured-Image
Sebanyak 5 rumah warga rusak berat akibat tanah longsor di Cianjur Selatan. Foto : apahabar.com/Riski Maulana

bakabar.com, CIANJUR - Sebanyak 5 rumah rusak berat akibat tanah longsor di Kampung Simpang, Desa Padaluyu, Kecamatan Cikadu, Kabupaten Cianjur, Rabu (15/11).

Selain itu, tiga rumah yang tak jauh dari lokasi kejadian terancam berpotensi longsor, pasalnya berada di sekitar tebing yang sama. 

Peristiwa longsor tersebut diakibatkan intensitas hujan deras yang melanda wilayah Kecamatan Cikadu dan sekitarnya sejak kemarin sore.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur Asep Wijaya mengatakan, saat ini masyarakat yang terdampak telah dievakuasi mengingat potensi membahayakan bagi keselamatan jiwa masih berpotensi.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, Rumah di Cianjur Tergerus Tanah Longsor

Tercatat dari 8 rumah yang terdampak longsor itu dihuni 5 Kepala Keluarga dari 15 jiwa. 

"Total rumah yang terdampak ada delapan, saat ini diungsikan ke gedung sekolah di sekitar wilayah Desa Paduluyu," tuturnya saat dihubungi bakabar.com.

Peristiwa longsor tersebut merupakan dampak dari hujan deras dimana tanah di sekitaran tebing tidak mampu menahan air. 

"Longsoran tanah karena hujan deras mengguyur dari semalam," ucapnya.

Baca Juga: Pasir Sembung Dijadikan RTH, Cianjur Terancam Darurat Sampah

Atas kejadian itu, BPBD Cianjur mengimbau agar masyarakat waspada dan segera melapor untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. 

"Intinya waspada ke masyarakat karena sekarang sering terjadi cuaca buruk seperti hujan deras dan angin kencang, warga diungsikan ke tempat lebih aman," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner