Pemilu 2024

Debat Keempat, ICEL: Berlangsung Panas Bahas Pembangunan Keberlanjutan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat keempat khusus bagi cawapres yang akan berlaga di Pemilu 2024 pada Minggu (20/1). 

Featured-Image
debat cawapres di JCC Senayan, Jakarta yang membedah sejumlah isu ekonomi. Foto: Istimewa.

bakabar.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat keempat khusus bagi cawapres yang akan berlaga di Pemilu 2024 pada Minggu (20/1). 

Debat keempat akan membahas topik terkait pembangunan berkelanjutan, sumberdaya alam (SDA), lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Kepala Divisi Tata Kelola Lingkungan dan Keadilan Iklim ICEL Bella Nathania memprediksi salah satu topik yang akan menjadi perbincangan hangat pada debat keempat adalah 'pembangunan berkelanjutan'. 

"Soal pembangunan keberlanjutan sepertinya akan menjadi perdebatan hangat jika berkaitan dengan perlindungan lingkungan hidup," kata Bella Nathania. 

Baca Juga: Jelang Debat Cawapres, Ma’ruf Amin: Adu Argumen Jangan Dibawa Keluar

Bella menilai pembahasan tersebut menjadi hangat karena pembangunan keberlanjutan berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi. Sebuah upaya yang tidak mudah untuk menyeimbangkan antara pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.

"Pada akhirnya bagaimana menyeimbangkan (pembangunan) dengan pertumbuhan ekonomi ya menurut aku yang bakal jadi perdebatan hangat dan pasti akan ada pertanyaan (terkait hal itu)," ungkap Bella.

Bella juga menilai isu mengenai kehutanan dan perubahan iklim harus menjadi pembahasan penting di debat Cawapres. Termasuk mengenai program food estate akan menjadi sasaran dan memunculkan perdebatan panas nantinya.

"Perdebatan yang cukup banyak pasti akan berkaitan dengan kehutanan, lalu mungkin yang berkaitan dengan food estate dan terakhir yang harus menjadi prioritas juga yakni perubahan iklim," tutur Bella.

Baca Juga: Komnas Perempuan: Tak Banyak Isu Gender, Perempuan dan HAM di Debat Capres

Khusus terkait perubahan iklim, Bella mengingatkan bahwa dalam beberapa waktu belakangan, masyarakat diperlihatkan pada fenomena pembangunan yang harus memangkas hutan. Oleh sebab itu, pembahasan mengenai pembangunan keberlanjutan akan menjadi topik diskusi menarik dan harus menjadi perhatian bagi kandidat yang akan terpilih nanti.

Sebelumnya, Indonesian Center for Environmental Law (ICEL) melakukan audiensi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) jelang debat keempat antar pasangan calon wakil presiden pada 21 Januari 2024.

Dalam audiensi tersebut, ICEL menggarisbawahi pentingnya untuk menyediakan ruang debat yang komprehensif atas isu lingkungan hidup, sumber daya alam, transisi energi yang berkeadilan, dan perubahan iklim.

Baca Juga: Kebijakan Bioenergi Berbasis Hutan, Pegiat Lingkungan: Kaji Ulang

Saat itu, ICEL juga memberikan beberapa rekomendasi terkait topik dan subtopik yang perlu diikutsertakan sebagai materi debat, salah satunya visi misi paslon untuk mengantisipasi triple planetary crisis.

Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) telah menegaskan tiga masalah utama yang sedang dihadapi oleh umat manusia atau yang dikenal dengan triple planetary crisis yang terdiri dari perubahan iklim, pencemaran, dan kepunahan keanekaragaman hayati.

Editor
Komentar
Banner
Banner