Hot Borneo

Dari Kajian sampai Bukber, Catat Kegiatan Ramadan di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin

apahabar.com, BANJARMASIN – Selama Ramadan 1443 Hijriah, Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin bakal dipenuhi berbagai kegiatan…

Featured-Image
Suasana buka puasa bersama di Masjid Sabilal Muhtadin tahun lalu. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN – Selama Ramadan 1443 Hijriah, Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin bakal dipenuhi berbagai kegiatan keagamaan.

Mulai dari kajian-kajian dakwah; kuliah subuh, kultum ba'da zuhur, ceramah sore menjelang magrib, hingga kegiatan berbuka puasa bersama.

"Setiap malam Jum’at serta 10 hari terakhir Ramadan, kita akan melaksanakan ibadah qiyamul lail," jelas Kepala Seksi Humas Masjid Raya Sabilal Muhtadin, M Hafizh Ridha kepada bakabar.com, Jumat (1/4).

Qiyamul lail adalah salah satu istilah di dalam Islam yang menyebut serangkaian ibadah di malam hari. Secara harfiah, qiyamul lail artinya ibadah malam. Hal ini menerangkan bahwa qiyamul lail merupakan amalan sunnah yang dapat dikerjakan hanya di malam hari.

Kegiatannya seperti salat sunat taubat, tahajud, witir dan lain-lain, serta amalan-amalan seperti membaca Al-Quran, berzikir, beristigfar, berdoa dan sebagainya.

"Insyaallah akan dipimpin langsung oleh Tuan Guru Ilham Humaidi dan Tuan Guru M Rasyid Ridha," beber Hafizh.

Selain itu, kegiatan Pesantren Ramadan juga akan dilaksanakan yang dimotori Angkatan Muda Sabilal Muhtadin (AMSM). Para pelajar Banjarmasin dari semua tingkatan rencananya akan ikut meramaikan kegiatan tersebut.

"Semoga menjadi nilai ibadah dan keberkahan lebih kita di bulan Ramadhan ini pastinya," tambahnya.

Tak kalah penting, bulan suci kali ini juga akan makin semarak dengan hadirnya bazar UMKM hingga pelatihan wirausaha. Kegiatan itu nantinya digelar sejak 1 hingga 21 Ramadan 1443 H.

Kemudian yang sudah jadi agenda rutin tahunan, ada buka bersama di halaman Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Hafizh berkata pihaknya akan menyediakan minimal 1.000 porsi untuk buka puasa.

"Bagi jemaah, para aghniya maupun dermawan yang ingin membukakan puasa dan sahurnya bisa langsung menyerahkan donasinya ke kantor atau dengan mentransfer ke Rekening Bank Kalsel Syariah 901.00.01.00366.6 a.n Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin," tutupnya.



Komentar
Banner
Banner