liga 1

Comeback Dramatis, Persija Jakarta Kalahkan Persik Kediri 2-1

Persija Jakarta kembali mencatatakan hasil negatif setelah hanya bermain imbang 1-1 menghadapi Persik Kediri pada laga lanjutan Liga 1 2023/2024, Minggu (17/9)

Featured-Image
Bek Persija Jakarta Firza Andika usai mencetak gol ke gawang Persik Kediri pada laga lanjutan Liga 1 2023/2024, Minggu (17/9). (foto: Persija)

bakabar.com, JAKARTA -Persija Jakarta berhasil kembali ke jalur positif usai menang 2-1 atas Persik Kediri pada laga lanjutan Liga 1 2023/2024 di Stadion Brawijaya, Kediri, Minggu (17/9) malam.

Kemenangan itu sekaligus mengakhiri catatan negatif tim berjuluk Macan Kemayoran yang tidak pernah menang dalam lima laga terakhirnya.

Namun, Persija membutuhkan perjuangan keras untuk meraih kemenangan di markas Persik itu.

Sebab, mereka sebenarnya bermain tidak terlalu baik di awal permainan pada babak pertama.

Pada menit ke-10, pemain Persik Jeam Kelly Sroyer sempat merepotkan lini belakang Persija, beruntung tendangannya masih digagalkan pemain bertahan anak asuhan Thomas Doll.

Baca Juga: Persija vs Persib Berakhir Ricuh, Ketum Jakmania Minta Maaf

Pada menit ke-17, winger tuan rumah, Yohanes Ferinando Pahabol, menusuk dari sisi kanan penyerangan timnya. Feri memasuki kotak penalti Macan Kemayoran. Sayang, sentuhan akhirnya bisa dibendung.

Lima menit kemudian, Pahabol kembali menebar ancaman. Kali ini lewat plesing berkelasnya. Beruntung bagi Persija. Bola mengenai mistar gawang.

Sosok bernomor punggung 17 ini benar-benar perlu dikawal ketat oleh para penggawa kubu tamu. Pada menit ke-31, kerja samanya dengan Renan Silva nyaris membuat jala kiper Andritany Ardhiyasa bergetar.

Pada menit ke-35, penyerang Persik, Mohammad Khanafi, akhirnya membawa timnya unggul. Ia memanfaatkan umpan Silva. Setelahnya, Khanafi mengecoh Andritany lalu menggetarkan jala kubu tamu.

Baca Juga: Diimbangi Persib 1-1, Pelatih Persija: Hanya Kurang Beruntung

Persija berupaya merespons. Pada menit ke-40, Gajos dan Rio Matsumura gagal menyia-nyiakan kesempatan di depan gawang lawan. Nampak pelatih Persija, Thomas Doll, menunjukkan ekspresi kekecewaan di pinggir lapangan.

Skor 1-0 untuk keunggulan Laskar Jayabaya bertahan hingga turun minum. 

Di babak kedua, Persija masih menguasai jalannya pertandingan dan berjuang mengejar ketertinggalan. 

Berbagai serangan dilakukan para pemainnya. Namun, pertahanan Persik berjalan dengan disiplin karena sulit ditembus para pemain Persija. 

Di menit 68, Persija akhirnya menyamakan kedudukan berkat gol yang diciptakan Firza Andika yang menusuk dari sisi sayap kiri dan langsung melesatkan tendangan keras mendatar yang sulit diantisipasi kiper Persik.

Baca Juga: Jakmania Ngamuk Persija Ditahan Persib, Satu Orang Dimassa

Gol tersebut membuat Persija semakin bersemangat mengincar kemenangan pertama dalam enam laga terakhir. 

Ketika pertandingan terlihat bakal berakhir imbang, Persija mendapatkan keberuntungan di menit akhir. 

Macan Kemayoran berhasil mendapatkan tendangan penalti setelah Witan Sulaeman dijatuhkan di dalam kotak penalti di menit 90+6. 

Ondrej Kudela yang menjadi eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik setelah tendangannya menipu kiper lawan ke arah kanan dari gawang Persik. Skor 2-1 pun berubah hingga pertandingan berakhir.

Baca Juga: Diwarnai Kartu Merah, Persija vs Persib Imbang 1-1

Meski membawa tiga poin dari markas Persik, Persija masih terdampar di peringkat 11 klasemen sementara Liga 1 dengan 17 poin. 

Sedangkan Persik masih berkutat di posisi 14 dengan 12 poin atau hanya terpaut tiga peringkat dari Persija.  

Editor


Komentar
Banner
Banner