Religi

Cek Jadwal Puasa Asyura, Catat Niat dan Keutamaannya

apahabar.com, JAKARTA – Puasa Asyura adalah ibadah sunnah yang bisa dikerjakan pada 10 Muharram. Berbagai amalan…

Featured-Image
Puasa Asyura adalah ibadah sunnah yang bisa dikerjakan pada 10 Muharram. Berbagai amalan di bulan ini bakal dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT, termasuk puasa Asyura. Foto-Ilustrasi

bakabar.com, JAKARTA – Puasa Asyura adalah ibadah sunnah yang bisa dikerjakan pada 10 Muharram. Berbagai amalan di bulan ini bakal dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT, termasuk puasa Asyura.

Khusus untuk tahun ini, SKB 3 Menteri yang memuat penetapan hari libur nasional menjelaskan bahwa Tahun Baru Islam 2022 atau 1 Muharram 1444 H jatuh pada Sabtu, (30/7). Oleh karena itu, 10 Muharram bakal bertepatan dengan Senin, (8/2).

Di dalam Kitab Fiqhul Islam wa Adillatuhu juz 3, Syekh Wahbah Az Zuhaili mengatakan, puasa Asyura adalah puasa yang dikerjakan pada tanggal 10 Muharram. Puasa Asyura merupakan ibadah sunnah yang dapat menghapuskan dosa satu tahun yang telah lalu. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits Imam Muslim, Abu Qotadah Al Anshori mengatakan:

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ ». قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

Artinya: “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, “Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ‘Asyura? Beliau menjawab, “Puasa ‘Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim).

Niat puasa Asyura (19 Agustus 2021)
نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ ِعَا شُورَاء لِلهِ تَعَالَى

Arab-latin: Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati ‘Asyura lillahi ta’ala
Artinya: “Saya berniat puasa sunah Asyura karena Allah Lillahi ta’ala”

Itulah niat puasa Asyura beserta keutamaannya. Selamat menjalankan ibadah puasa!



Komentar
Banner
Banner