Cek Fakta

[CEK FAKTA] Ribuan TNI Deklarasi Anies Baswedan Presiden 2024

Konten tersebut menampilkan thumbnail foto jejeran prajurit TNI, yang diduga sudah direkayasa dengan tambahan gambar Anies Baswedan

Featured-Image
Thumbnail video yang menarasikan prajurit TNI AL mendeklarasikan Anies Baswedan presiden 2024. Foto: YouTube/Menara Istana

bakabar.com, JAKARTA - Anies Baswedan memang telah mendapat restu dari sejumlah partai politik untuk maju di kontestasi Pemilihan Presiden 2024. Menariknya, deklarasi serupa kabarnya juga datang dari para prajurit TNI Angkatan Laut (AL).

Kabar itu sebagaimana dituturkan oleh kanal MENARA ISTANA di YouTube. Video berjudul “di pimpin langsung panglima yudo Margono !! ribuan TNI resmi deklarasikan Anies presiden 2024” ini diunggah pada Selasa (16/5) lalu.

Konten tersebut menampilkan thumbnail atau gambar kecil foto jejeran prajurit TNI yang diduga sudah direkayasa dengan tambahan gambar Anies Baswedan.

Gambar itu lalu dilengkapi pula dengan tulisan, “GEMPARKAN DUNIA MILITER. DI PIMPIN LANGSUNG PANGLIMA YUDO. RIBUAN TNI AL RESMI DEKLARASIKAN ANIES PRESIDEN 2024.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Natasha Rizki Pergoki Desta Cium Wanita Lain, Benarkah?

Video berdurasi 8 menit 2 detik itu memperlihatkan seorang anggota TNI berbicara, namun dalam kondisi mulut memakai masker. Selain itu, terlihat cuplikan Anies hingga Laksamana Yudo Margono.

Lantas, benarkah ribuan prajurit TNI AL mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai presiden 2024?

Gabungan Video yang Tak Relevan

Potongan-potongan video Yudo pada kegiatan Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan TNI Angkatan Laut Tahun 2020. Foto: Turnbackhoax.id
Potongan-potongan video Yudo pada kegiatan Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan TNI Angkatan Laut Tahun 2020. Foto: Turnbackhoax.id

Berdasarkan penelusuran bakabar.com, konten tersebut menggabungkan potongan-potongan video dari beberapa kegiatan TNI yang berbeda. Pada durasi 0:39, misalnya, ternyata berasal dari kegiatan Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan TNI AL Tahun 2020.

Cuplikan yang menampilkan Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL), Yudo Margono, itu pertama kali diunggah kanal YouTube TNI ANGKATAN LAUT. Ketika itu, Yudo tengah memimpin apel gelar pasukan yang dilaksanakan di Dermaga JICT Tanjung Priok.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Viral Video Buaya Berenang di Dufan

Begitu pun dengan cuplikan seorang prajurit TNI yang mengenakan masker. Diketahui, video tersebut telah direkayasa, di mana mengganti audio asli dengan audio lain. Pernyataan sang prajurit berbaret hijau itu aslinya berasal dari unggahan @arazc8 di TikTok.

Unggahan tersebut menarasikan soal “BRIGADE 08 INDONESIA TIMUR DUKUNG ANIES BASWEDAN #SOBATANIES” dengan suara asli – Relawan Anies For RI 2024 – Jakarta Watch86.

Respons Puspen TNI

Panglima TNI Yudo Margono
Panglima TNI Yudo Margono mutasi belasan perwira tinggi. 

Kebenaran mengenai video tersebut pun sudah diungkapkan Pusat Penerangan (Puspen) TNI. Dalam keterangan resminya, Puspen TNI menyatakan video itu telah diedit menjadi seolah-olah kegiatan Panglima TNI bersama Anies.

“Perlu diketahui bahwa kegiatan Anies Baswedan di Kopasus pada tanggal 9 November 2019, ketika itu masih menjabat sebagai Gubernur DKI. Jadi bukan Anies Baswedan dengan anggota partai NasDem di Jawa Barat seperti yang dinarasikan dalam video YouTube itu," terangnya.

Puspen TNI kini tengah menyelidiki video yang diunggah ke media sosial itu.

Kesimpulan: Video yang berisikan narasi deklarasi ribuan prajurit TNI AL adalah hoaks. Konten tersebut merupakan hasil manipulasi.

Editor


Komentar
Banner
Banner