Cek Fakta

[CEK FAKTA] Viral Video Buaya Berenang di Dufan

SEBUAH video viral di sosial media memperlihatkan hewa menyerupai buaya berada di kolam di wahana Dunia Fantasi (Dufan) Ancol, Jakarta U

Featured-Image
Kemunculan seekor biawak dinarasikan sebagai buaya di salah satu wahana Dunia Fantasi Ancol.

bakabar.com, JAKARTA - Sebuah video viral di sosial media memperlihatkan hewan menyerupai buaya berenang di kolam wahana Dunia Fantasi (Dufan) Ancol, Jakarta Utara.

Namun dalam video berdurasi satu menit tersebut hanya memperlihatkan bagian kepala hewan tersebut. Keraguan pun muncul. "Wahana baru di Dufan ya, berenang bareng buaya," demikian salah satu postingan warganet. 

Lantas, bakabar.com mengonfirmasi Humas Ancol Taman Impian Ariadi Eko Nugroho. Ia pun memastikan bahwa hewan yang viral tersebar di sosial media tersebut merupakan biawak. Ia memastikan bukan buaya seperti yang viral di sosial media.

Baca Juga: [Cek Fakta] Rumah 'Surga' Abah Jajang Cianjur Rusak Parah Usai Viral Dikunjungi Wisatawan

"Kemungkinan pelakunya ini (biawak) lagi berenang," ucap Eko saat dikonfirmasi, Rabu (3/5).

Baca Juga: Cek Fakta: Samsung Galaxy S24 Bakal Hadir Tanpa Kamera Belakang?

Eko menjelaskan bahwa berdasarkan buku "Ragam Kehidupan Biota - Keanekaragaman Kehidupan Liar di Ancol Taman Impian", biawak merupakan spesies yang bisa ditemukan di sekitar Ecopark termasuk Dufan.

Ia pun mengimbau agar para pengunjung tidak perlu khawatir tentang tentang kemunculan hewan tersebut.

"Imbauan kami, pengunjung tidak perlu khawatir karena biota ini tidak berbahaya Dan cenderung menghindari manusia," ungkap Eko.

Eko menerangkan bahwa kawasan Ancol Taman Impian bukan hanya tempat wisata, tetapi juga ruang terbuka yang menjadi rumah beragam satwa. 

Editor


Komentar
Banner
Banner