Kinerja MMKSI 2022

Catat Kinerja Positif, Bos Baru MMKSI Siap Jaga Momentum Pertumbuhan pada 2023

Sepanjang 2022, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), berhasil membukukan penjualan retail sebanyak 97.936 unit kendaraan.

Featured-Image
Mitsubishi Motors menggelar pameran di Indonesia. (Foto: Dok. PT MMKSI)

bakabar.com, JAKARTA - Sepanjang 2022, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), berhasil membukukan penjualan retail sebanyak 97.936 unit kendaraan penumpang maupun niaga ringan mereka.

MMKSI juga berhasil menjaga posisi di pasar otomotif Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 10,6 persen pada tahun 2022.

Presiden Direktur PT MMKSI periode September 2018 – Maret 2023, Naoya Nakamura mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung proses perkembangan bisnis perusahaan dan melewati berbagai tantangan yang ada di tahun 2022.

"Upaya MMKSI di tahun lalu terjawab dengan capaian penjualan yang positif dan pengalaman tahun lalu mengajarkan kami untuk terus berinovasi untuk meningkatkan kepuasan konsumen," kata Nakamura dalam acara Media Gathering MMKSI dan Iftar Ramadan 2023 di Jakarta, Rabu (5/4).

Baca Juga: Semarang Tuntaskan Roadshow Mitsubishi XFC Concept, Ada di Mall Ini

Berdasarkan data penjualan retail Gaikindo sepanjang 2022, kendaraan penumpang Mitsubishi Motors mencatatkan angka 69.629 unit dan kendaraan niaga ringan mereka sebanyak 28.307 unit.

Secara model, penjualan retail MMKSI ditopang oleh Xpander dan Xpander Cross yang berkontribusi paling banyak dengan membukukan 49.917 unit atau sekitar 51 persen dari total penjualan mereka.

Kemudian disusul Pajero Sport yang terjual 19.686 atau menyumbang kontribusi sebesar 20 persen, di posisi ketiga ada L300 dengan 19.161 unit atau 19,5 persen dari total penjualan MMKSI tahun lalu.

Model Triton juga menyumbang penjualan dengan torehan sebanyak 9.013 unit, serta model lainnya yang terjual 26 unit.

Baca Juga: Mitsubishi XFC Concept Mejeng di Mall Tunjungan Plaza 6 Surabaya

Semua model kendaraan Mitsubishi Motors juga telah membuktikan eksistensi serta memiliki keunggulan di pasar otomotif Indonesia sepanjang Januari-Desember 2022.

Hal itu dibuktikan dengan pangsar pasar yang diraih mulai dari L300 memimpin segmen small pick-up dengan lebih dari 55 persen.

Kemudian, Mitsubishi Triton menguasai segmen pick-up 4x4 dengan pangsa pasar 40 persen, Xpander (termasuk Xpander Cross) menjaga pangsa pasar di segmen small MPV sebesar 24,4 persen.

Terakhir Pajero Sport mencatat pangsar pasar lebih dari 43,7 persen di segmen medium SUV 2.500 cc (4x2 dan 4x4).

Baca Juga: Mitsubishi XRT Concept Tebar Pesona, Calon Penerus All New Triton

Sementara dari sisi purnajual, MMKSI juga mendapatkan pencapaian positif di mana pada tahun lalu, total kendaraan datang untuk melakukan servis dan perawatan naik sebesar 7 persen.

Selain itu, pertumbuhan penjualan suku cadang, aksesoris dan genuine part turut terkerek naik sebesar 7 persen dibandingkan dengan tahun 2021.

MMKSI Jaga Momentum Pertumbuhan

Dalam kesempatan tersebut, MMKSI juga mengumumkan secara resmi pergantian presiden direktur dari Naoya Nakamura ke Atsushi Kurita yang efektif per tanggal 1 April 2023.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang paling tinggi atas dukungan pemberitaan terbaik kepada MMKSI, brand dan model Mitsubishi Motors di Indonesia, serta keramahan kepada saya secara personal selama memimpin," imbuh Nakamura.

Baca Juga: Usai Roadshow di Sumatra, Mitsubishi XFC Concept Sapa Warga Bandung

Selama hampir lima tahun, Nakamura memberikan kontribusi yang sangat baik bagi bisnis Mitsubishi Motors di Indonesia, khususnya mampu melewati rintangan saat pandemi Covid-19.

Ia bahkan mampu menorehkan rekor angka penjualan terbesar untuk Mitsubishi Motors (MMC) sepanjang sejarahnya di Indonesia, yaitu pada 2021 lalu dengan pencapaian 104.407 unit.

Capaian itu berkontribusi lebih dari 12% terhadap penjualan MMC seluruh dunia, yang sekaligus menjadikan MMKSI sebagai penyumbang terbesar untuk penjualan retail MMC pada skala global.

Baca Juga: Mitsubishi Motors Jamin Stok Kendaraan Aman hingga Lebaran 2023

Sebagai penerus Nakamura, Atsushi Kurita akan melanjutkan kepemimpinan sebagai posisi Presiden Direktur PT MMKSI dan langsung memulai strateginya untuk mengembangkan bisnis di Tanah Air.

"Saya sangat antusias dan bersemangat melaksanakan tugas di MMKSI dan menyambut tahun fiskal 2023. Pengalaman pada tahun lalu menjadi motivasi dan referensi berharga untuk meraih capaian yang lebih baik lagi. Saya mohon dukungan untuk kemajuan MMKSI ke depannya," ujar Kurita.

Editor
Komentar
Banner
Banner