Carl's Jr

Carl's Jr. Resto Bakal Tutup Gerai di Indonesia, Bermula dari Booth Mini hingga Mendunia

Carl's Jr mengumumkan akan menutup seluruh gerainya di Indonesia pada akhir tahun 2023. Intip perjalanan gerai burger asal Amerika ini.

Featured-Image
Carl's Jr Akan Tutup Gerai di Indonesia pada Akhir Tahun, Simak Perjalanan Gerai Burger asal Amerika. Foto: carlsjr.com

bakabar.com, JAKARTA - Carl's Jr mengumumkan akan menutup seluruh gerainya di Indonesia pada akhir tahun ini. Intip perjalanan gerai burger asal Amerika satu ini.

Melalui unggahan Instagram @carlsjrindonesia pada Rabu (20/12), Carl's Jr mengumumkan penutupan gerainya di Indonesia pada 31 Desember 2023 atau akhir tahun ini.

"Carl's Jr. Indonesia akan mengakhiri operasionalnya yang selama ini beroperasi dibawah Mahadasha Group pada tanggal 31 Desember 2023," tulis resto cepat saji tersebut, dikutip Jumat (22/12).

Tangkap Layar Unggahan Carl's Jr yang Akan Tutup Akhir Tahun di Indonesia. Foto: Instagram/carlsjrindonesia
Tangkap Layar Unggahan Carl's Jr yang Akan Tutup Akhir Tahun di Indonesia. Foto: Instagram/carlsjrindonesia

Selain itu, Carl's Jr juga mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan dari para pelanggan yang luar biasa selama 10 tahun kebelakangan.

Di Indonesia, Carl's Jr pertama kali diperkenalkan oleh Mahadya Group pada Juli 2013. Di bawah PT Generasi Mutiara Bangsa, mereka mendapatkan hal eksklusif waralaba dengan gerai pertamanya di Bintaro Jaya Xchange Mall pada Januari 2014, dengan desain yang modern dan nyaman.

Sejarah Carl's Jr. dari Gerobak hingga Mendunia

Carl Karcher Cikal Bakal Resto Cepat Saji Carl's Jr. Foto: carlsjr.com
Carl Karcher Cikal Bakal Resto Cepat Saji Carl's Jr. Foto: carlsjr.com

Carl's Jr didirikan oleh Carl N. Karcher dan Margaret Karcher, pasangan suami istri asal Los Angeles, California.

Setelah menabung untuk membeli gerobak hot dog selama lima tahun, dan membuka bisnis restoran pertamanya di tahun 1941.

Menu pertama yang disajikan oleh resto ini hanyalah hot dog, chili dog dan tamales serta soda yang dibanderol harga cukup murah saat itu.

Setelah beberapa tahun, Carl dan Margaret pun berpindah ke Anaheim, California, dan membuka layanan lengkap pertama mereka, Carl's Drive-In Barbecue di tahun 1945.

Resto tersebut terletak di 1108 N. Palm St. yang sekarang menjadi Pelabuhan. Setelah setahun, mereka menambahkan hamburger ke menu mereka.

Setelah mengalami kemajuan selama 10 tahun, Karcher membuka versi mini dari Carl's Drive-In Barbecue pada 1956, dan menamakannya Carl's Jr.

Carl N. Karcher Pendiri Carl's Jr Gerai Burger asal Amerika - apahabar
Carl N. Karcher Pendiri Carl's Jr Gerai Burger asal Amerika. Foto: carlsjr.com

Hingga 1960-an, Carl engoperasikan 24 restoran di California, dan mengalami perluasan besar-besaram hingga 1968. Degnan meluncurkan Car Karcher Enterprises dengan menu harbroiled hamburgers, hot dogs, malts, dan kentang goreng.

Hingga tahun 1975, terdapat lebih dari 100 lokasi franchise yang tersebar di California Selatan. Dan melakukan ekspansi ke bagian utara, dengan keberhasilan tersebut, Carl's Jr dapat membangun kantor pusatnya di Anaheim setahun setelahnya.

Pada tahun 1979, restoran luar negeri pertama mereka dibuka di Las Vegas. Dan pada akhir dekade ini, penjualan mereka mampu melampaui angka $100 juta.

Hingga 1980-an, Carl's Jr terus berkembang dan menggandakan jumlah karyawannya dalam tiga tahun. Tapi, Karcher dan keluarganya dituduh melakukan perdagangan orang oleh Komisi Sekuritas dan Bursa pada tahun 1988. Dan menyetujui penyelesaian dengan menelan biaya lebih dari setengah juta dolar.

Menu Portobello Mushroom di Carl's Jr. Foto: carlsjr.id
Menu Portobello Mushroom di Carl's Jr. Foto: carlsjr.id

Pada tanggal 1 Oktober 1993, Karcher dicopot dari jabatannya karena perselisihan dengan dewan direksi mengenai praktik pemasaran dan bisnis. Mencakup jaringan dalam melakukan pencitraan merek ganda dengan The Green Burrito dan kampanye iklan barunya.

Meski begitu, gerai cepat saji ini masih bertahan hingga sekarang, dan memperkenalkan menu baru ikoniknya di tahun 2000-an yaitu Six Dollar Burger, Hand-Scooped Milkshake, dan Charbroiled Turkey Burgers yang menjadi favorit banyak orang.

Hingga saat ini, di Indonesia Carl's Jr. telah memiliki beberapa cabang yang tersebar di Jakarta, Tangerang Selatan dan Surabaya.

Editor


Komentar
Banner
Banner