tips merawat laptop

Cara Sederhana agar Laptop Tetap Optimal dan Tahan Lama

Sebagai barang elektronik yang cukup penting, laptop tentu membutuhkan perawatan berkala agar bisa selalu dioperasikan dengan baik dan optimal.

Featured-Image
Cara sederhana agar laptop tetap optimal dan tahan lama. (Foto: dok. freepik)

bakabar.com, JAKARTA – Di era digital saat ini, kebanyakan pelajar dan pekerja membutuhkan laptop untuk menunjang produktivitasnya.

Sebagian dari mereka menggunakan laptop hanya untuk sekadar gaya hidup, menyelesaikan pekerjaan kantor, ataupun tugas-tugas sekolah.

Namun, sebagai barang elektronik yang cukup penting, perangkat ini tentu membutuhkan perawatan berkala agar bisa selalu dioperasikan dengan baik.

Jika sering diabaikan, lama-kelamaan laptop akan cepat rusak, karena daya tahannya berbeda dengan PC yang cenderung kuat dan tahan lama.

Baca: Strategi Tokopedia Tingkatkan Partisipasi UMKM Perempuan dalam Dunia Digital

Apalagi jika usia laptop sudah makin tua atau lebih dari 3 tahun, maka performanya akan menurun drastis.

Mengutip dari Instagram @kemenkominfo dan berbagai sumber lainnya, ada beberapa tips tentang cara merawat laptop agar tidak mudah rusak.

Berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kinerja laptop agar tetap berjalan dengan optimal.

Jangan Mengisi Baterai Terus-Menerus

Jika Anda sering mengisi baterai laptop semalaman tanpa henti, mulai sekarang jangan dilakukan kebiasaan tersebut.

Terkadang saat mengisi baterai laptop sampai lupa kalau baterai sudah terisi penuh, tapi masih membiarkannya tetap tercolok hingga berjam-ham bahkan semalaman.

Baca: Perokok Wajib Tahu! Begini Cara Mudah Membersihkan Paru-Paru

Mengisi daya baterai secara nonstop justru akan membuat daya baterai Anda cepat berkurang. Selain itu, jangan mengisi baterai saat persetase nya masih banyak.

HALAMAN
12
Editor


Komentar
Banner
Banner