Membersihkan Paru-Paru

Perokok Wajib Tahu! Begini Cara Mudah Membersihkan Paru-Paru

Perokok dapat melakukan berbagai cara untuk membersihkan paru-paru yang rusak akibat kebiasaan buruknya.

Featured-Image
Perokok dapat melakukan berbagai cara untuk membersihkan paru-paru. (Foto: dok.detikHealth)

bakabar.com, JAKARTA - Perokok dapat melakukan berbagai cara untuk membersihkan paru-paru yang rusak akibat kebiasaan buruknya. 

Paru-paru yang sehat umumnya berwarna merah muda dan dapat berubah menjadi hitam akibat endapan tar. 

Tar sendiri merupakan zat kimia yang dihasilkan ketika tembakau dibakar kemudian terhirup.

Tar dapat merusak organ paru-paru dan berbagai masalah kesehatan lainnya terutama kanker.

Langkah awal yang dapat dilakukan untuk membersihkan paru-paru adalah dengan berhenti merokok.

Namun, ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk membersihkan paru-paru, khususnya bagi perokok. Berikut ulasannya

1. Air jahe

Jahe sudah terkenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Rempah ini dapat dijumpai dalam aneka bumbu masakan.

Bumbu dapur yang masuk dalam kategori temu-temuan ini rupanya mampu membersihkan paru-paru. Hal ini dikarenakan air rebusan jahe bersifat antiperadangan, yang dapat mencegah terjadinya infeksi pernapasan.

2. Ramuan olahan kunyit

Selain diolah sebagai bumbu dapur, kunyit juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, obat alergi, mengatasi perut kembung dan berbagai macam manfaat lainnya.

Tenyata zat anti peradangan dan anti oksidan pada kunyit bisa meredakan infeksi paru-paru. Menurut beberapa penelitian, kunyit bisa mengobati kondisi gangguan paru-paru seperti asma, pneumonia, dan kanker paru-paru.

3. Teh hijau

Terkenal sebagai teh yang dapat membantu menurunkan berat badan, ternyata teh hijau juga memiliki berbagai macam manfaat lainnya untuk tubuh.

Kandungan teh hijau yang mengandung antioksidan dapat mengurangi inflamasi atau peradangan di paru-paru.

Mengkonsumsi teh hijau ini juga dapat membantu melindungi jaringan paru-paru dari dampak menghirup asap. 

4. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran pembersih paru-paru alami karena kaya akan antioksidan yang secara efektif membuang racun dalam paru-paru.

Kandungan Vitamin C, fitokimian, dan folat mampu mencegah kerusakan paru-paru. Selain itu brokoli juga mengandung L-Sulforaphane yang bersifat anti inflamasi dan menjaga kesehatan pernafasan.

5. Olahraga secara teratur

Untuk mendapatkan gaya hidup yang sehat, selain mengkonsumsi makanan yang sehat, Anda juga perlu melakukan olahraga yang rutin.

Ada beragam manfaat yang diperoleh jika anda melakukan olahraga secara teratur, di antaranya: membakar kalori dalam tubuh, mencegah penyakit jantung, mengurangi stress, menjaga Kesehatan paru-paru.

Pada saat berolahraga, tubuh menggunakan lebih banyak oksigen, dan menghasilkan lebih banyak karbon dioksida. dengan demikian tubuh merespon lewat cara bernafas lebih dalam dan lebih sering untuk mengambil oksigen yang dibutuhkan.

itulah beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan paru-paru. Semoga infromasi ini bermanfaat, ya!

Editor


Komentar
Banner
Banner