Kabar Teknologi

Masih Banyak yang Belum Tahu, Simak Perbedaan Laptop dengan Notebook

Bagi sebagian orang, masih ada yang tidak tahu perbedaan laptop dengan notebook. Meski sekilas mirip, namun ternyata keduanya punya detail berbeda.

Featured-Image
Perbedaan Laptop dengan Notebook. (Foto: dok. Benhil.net)

bakabar.com, JAKARTA - Bagi sebagian orang, masih ada yang tidak mengetahui perbedaan laptop dengan notebook. Meski sekilas mirip, namun ternyata keduanya memiliki detail yang berbeda.

Secara umum, fungsi dari laptop dan notebook adalah sebagai komputer dalam bentuk portable, yang dapat digunakan dan dibawa kemana-mana.

Jika hendak membeli, ada gunanya anda mengerti perbedaan keduanya, agar tidak merasa keliru. 

Supaya tidak tertukar, berikut perbedaan laptop dan notebook:

Dimensi

Perbedaan antara laptop dan notebook ada dari dimensinya. Dimensi notebook biasanya lebih ringkas daripada laptop.

Umumnya, laptop memiliki berat antara 1,5 kg hingga 2,5 kg. Sementara Notebook memiliki berat antara 1 hingga 2 kg.

Baca Juga: Prosesor Intel Core Gen 13 Terbaru untuk Laptop Performa Tinggi

Selain itu, ketebalan antara laptop dan notebook juga berbeda. Laptop biasanya memiliki ketebalan antara 1.5 hingga 2 inci.

Sementara itu notebook yang dikenal ringkas hanya memiliki ketebalan 0.5 hingga 1 inci.

Oleh sebab itu, orang masih menggunakan  notebook, karena dimensinya yang lebih ringan, sehingga mudah dalam menunjang aktivitas yang portable.

Spesifikasi

Perbedaan kedua ialah notebook yang memiliki spesifikasi lebih rendah daripada laptop sejenisnya.

Hal itu sesuai dengan sifat notebook yang lebih mengutamakan daya tahan baterai panjang, sehingga dapat digunakan lebih lama.

Baca Juga: Huawei Rilis Dua Laptop MateBook Terbaru, Segini Harganya

Sebaliknya, laptop mengusung spesifikasi yang lebih mumpuni daripada notebook. Biasanya, laptop diotaki dengan prosesor seri Core i3, i5, i7, atau bahkan i9 yang biasanya digunakan untuk bermain game berat, atau rendering proses pengeditan.

Ukuran Layar

Perbedaan antara laptop dan notebook yang paling mencolok selanjutnya adalah dari sisi layar. Laptop umumnya memiliki layar yang lebih besar daripada notebook.

Dengan standar layar sebesar 14-17 inci, laptop yang lebih mengutamakan berbagai fungsi yang optimal menjadi lebih besar dari notebook.

Sementara itu, notebook biasanya berukuran 8 -13 inci.

Baca Juga: Apple Buka Penawaran Laptop MacBook Air 15 Inci, Berapa Harganya?

Kapasitas RAM

Random Acccess memory (RAM) adalah komponen pada komputer yang berfungsi untuk memberikan memori jangka pendek dengan kecepatan tinggi untuk CPU komputer.

Laptop memiliki kapasitas RAM yang lebih besar daripada notebook. Hal itu demi mendukung fungsinya dalam menjalankan berbagai program berat dan juga multitasking yang banyak.

Biasanya, laptop dibekali dengan RAM sebesar 8 GB hingga 32 GB. 

Sementara itu, notebook yang berfungsi sebagai sistem komputasi harian, tidak terlalu membutuhkan RAM yang besar. Biasanya, notebook diberikan RAM sebesar 4 GB.

Baca Juga: ASUS Hadirkan Laptop Gaming ROG Edisi Spesial, Intip Spesifikasinya

Daya Tahan Baterai

Jika melihat laptop yang lebih mengutamakan fungsinya, maka baterai laptop akan cenderung lebih cepat habis daripada notebook. 

Misalnya, meskipun dibekali dengan kapasitas baterai yang sama, notebook yang menggunakan prosesor hemat daya akan memungkinkan penggunanya untuk dapat bekerja selama mungkin.

Editor
Komentar
Banner
Banner