debat cawapres

Cak Imin Ingin Tambah Dana Desa, INDEF Ingatkan Rasio Kemandirian

Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) mengkhawatirkan usulan calon presiden (cawapres) nomor urut 01 Muhaimin Iskandar mengenai penambahan

Featured-Image
Cak Imin buka suara soal Anies yang diancam ditembak netizen Kaltim. Foto: apahabar.com/IzzatunNajibah

bakabar.com, JAKARTA - Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) mengkhawatirkan usulan calon presiden (cawapres) nomor urut 01 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengenai penambahan dana desa dapat memengaruhi rasio kemandirian desa.

Peneliti Center of Macroeconomic and Finance, Riza Annisa Pujarama menerangkan persoalan desa tidak hanya dapat diselesaikan hanya dengan distribusi dana desa saja.

"Padahal banyak yang bisa dieksplore misalnya dengan program pembangunan dari pinggir. Tapi itu tidak muncul apa isu ke depan," paparnya dalam Tanggapan INDEF Atas Debat Cawapres, Senin (22/1).

Baca Juga: INDEF: Debat Cawapres Terlalu Banyak Perang Definisi

Riza menilai perdebatan dana desa yang luput dibahas oleh cawapres adalah mengenai esensi penggunaan dana desa. Di antaranya seperti penggunaan dan efektivitasnya.

Hal itu yang menurutnya belum terlihat visi dana desa semakin tidak jelas peruntukkannya. Bahkan, peruntukkannya memiliki kemiripan dengan dana transfer untuk pemerintah kabupaten, kota, dan provinsi.

"Yang sampai dua dekade Pendapatan Asli Daerah (PAD) nya rendah juga dan ini kita mengharapkan dari dana desa semandiri apa?" ujarnya.

Baca Juga: CSIS: Gibran Sok Tahu soal Greenflation

Baca Juga: Debat Cawapres Terlalu Banyak Gimik, CSIS: Jauh dari Gagasan!

Sebab, selama ini menurut pengamatannya PAD yang dikantongi pemda kabupaten, kota dan provinsi perlu setengah mati dilakukan melalui retribusi dan pajak.

"Untuk desa saya belum menemukan sejauh mana posisinya dan sejauh mana posisinya secara struktural. Sehingga sampai sejauh mana desa meningkatkan PADnya," pungkasnya.

Baca Juga: CSIS Kritik Gibran: Program B35-B40 Berpotensi Merusak Lingkungan!

Calon wakil presiden nomor urut satu, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengungkapkan keinginan-nya menambah dana desa minimal Rp5 miliar guna mempercepat pertumbuhan ekonomi dan sumber daya manusia (SDM) di tingkat desa.

"Yang lebih penting, desa harus diberi insentif supaya lebih maju, keinginan saya menambah dana desa minimal Rp5 miliar buat lebih maju lagi, untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan sumber daya manusia (SDM) di desa" Ungkap Cak Imin seraya menjawab pertanyaan Gibran pada acara Debat Pilpres, Minggu (21/1).

Editor


Komentar
Banner
Banner