Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

Bungkam Turkmenistan, Indonesia U-23 Lolos ke Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia U-23 berhasil melangkahkan kaki ke ajang Piala Asia U-23 2024 mendatang setelah sukses menaklukan Turkmenistan di babak kualifikasi.

Featured-Image
Selebrasi Ivar Jenner usai mencetak gol untuk kedudukan 1-0 timnas Indonesia dari Turkmenistan di babak pertama (Foto: dok. PSSI)

bakabar.com, JAKARTA – Timnas Indonesia U-23 berhasil melangkahkan kaki ke ajang Piala Asia U-23 2024 setelah sukses menaklukan Turkmenistan di penyisihan Grup K babak kualifikasi.

Bertandingan di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/9) malam WIB, skuat Garuda Muda menang 2-0 dari Turkmenistan untuk memastikan satu tempat di ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

Kemenangan ini sekaligus menjadi sejarah bagi timnas Indonesia U-23 untuk pertama kalinya berhasil menembus babak utama Piala Asia U-23.

Selepas unggul 1-0 di babak pertama dari gol yang dicetak oleh Ivar Jenner di menit 41, timnas Indonesia kembali berduel dengan Turkmenistan di babak kedua.

Baca Juga: Gol Ivar Jenner Bawa Indonesia Ungguli Turkmenistan 1-0 di Babak Pertama

Tertinggal dari skuat Garuda Muda nyatanya membuat permainan timnas Turkmenistan langsung bermain menekan lini pertahanan timnas Indonesia.

Timnas Turkmenistan langsung menggempur gawang Indonesia tendang bebas Shamammet Hydyrow. Namun, si kulit bundar masih melambung tinggi di atas mistar gawang Ernando Ari.

Tak tinggal diam, anak asuh shin Tae-yong lantas mulai keluar menekan ke barisan pertahanan Turkmenistan. Di menit ke-54, Rio Fahmi nyaris menggandakan keunggulan skuat Garuda Muda, andai sundulannya tak mengenai mistar gawang.

Tak puas hanya unggul tipis dari Turkmenistan, Marselino Ferdinan cs kembali mencoba peruntungannya untuk memperlebar keunggulan.

Baca Juga: Bantai Taiwan 9-0, Shin Tae-yong: Bukti Sepak Bola Indonesia Berkembang

Di menit ke-69, Rafael Struick nyaris membuat Indonesia memperlebar keunggulan. Namun sayang, tendangan kerasnya masih mampu ditepis oleh kiper Ahallyyev Rustem.

20 menit jelang waktu normal berakhir, rotasi dilakukan oleh pelatih Shin Tae-yong. Ia memasukkan Ramadhan Sananta dan juga Witan Sulaeman untuk menambah daya gedor skuat Garuda Muda.

Witan Sulaeman yang masuk sebagai pemain pengganti sukses memanfaatkan blunder yang dilakukan kiper Turkmenistan untuk mencetak gol. Tapi, wasit menganulir lantaran bola lebih dulu mengenai tangan pemain Persija tersebut.

Lagi-lagi skuat Garuda Muda kembali mengancam. Rafael Struick untuk kesekian kalinya mendapatkan peluang gol. Namun, sepakannya di menit ke-84 masih berhasil diblok oleh pemain Turkmenistan.

Baca Juga: Shin Tae-yong Optimis Indonesia U-23 Cetak Sejarah di Piala Asia U-23

Timnas Indonesia terus bermain ngotot untuk kembali menciptakan gol. Akan tetapi, solidnya lini pertahanan Turkmenistan masih sulit ditembus oleh para anak asuh Shin Tae-yong.

Memasuki waktu tambahan, timnas Indonesia sukses menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lewat gol yang diciptakan oleh Pratama Arhan di menit 90+3.

Gol Arhan sekaligus menjadi gol penutup pertandingan untuk kemenangan skuat Garuda Muda.

Editor


Komentar
Banner
Banner