Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

Bantai Taiwan 9-0, Shin Tae-yong: Bukti Sepak Bola Indonesia Berkembang

Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong menilai perkembangan sepak bola nasional sudah jauh berkembang ke arah yang lebih baik.

Featured-Image
Tim nasional Indonesia U-23. (foto: timnas.indonesia)

bakabar.com, JAKARTA - Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong menilai perkembangan sepak bola nasional sudah jauh berkembang ke arah yang lebih baik.

Hal itu dikatakan usai membantu timnas U-23 membantai Taiwan 9-0 dalam ajang kualifikasi Grup K Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/9) malam.

Sembilan gol Indonesia diraih delapan pemain berbeda yaitu Marselino Ferdinan (2 gol), Pratama Arhan, Elkan Baggot, Ilham Rio Fahmi, Ramadhan Sananta, Witan Sulaeman, Rafael Struick, dan Hokky Caraka.

“Saya ingin memberikan tepuk tangan kepada para pemain atas kerja kerasnya. Dengan skor yang ini menunjukkan bahwa sepak bola sudah berkembang, lebih baik dari sebelumnya,” ucap Shin Tae-yong usai pertandingan.

Baca Juga: Full Senyum! Timnas Indonesia U-23 Unggul 5-0 di Babak Pertama

Sebelumnya, timnas Indonesia U-23 selalu gagal meraih tiket ke putaran final Piala Asia U-23.

Bahkan sejak melatih Indonesia pada Januari 2020, Shin Tae-yong juga pernah gagal mengantarkan Garuda Muda lolos ke putaran final Piala Asia U-23 pada edisi tahun 2022. Ketika itu, mereka disingkirkan Australia dengan agregat 2-4.

Kemenangan telak melawan Taiwan membuat Indonesia memuncaki klasemen sementara Grup K dengan 3 poin, menggeser Turkmenistan yang kini harus turun di posisi kedua karena kalah selisih gol.

Hasil ini membuat Indonesia hanya butuh hasil imbang untuk menjadi juara Grup K dan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 yang rencananya bakal digelar di Qatar pada 15 April sampai 3 Mei tahun depan nanti.

Baca Juga: Susunan Pemain Indonesia U-23 vs Taiwan, Duet Elkan dan Ridho di Lini Bertahan

“Saya memberikan motivasi kepada seluruh pemain bahwa kita pasti bisa dan pertandingan ini berjalan kreatif sebelumnya dan kita bisa menang. Saya tegaskan terus-terusan saat latihan, meeting, bahwa kita harus fokus. Dan para pemain bisa menjalankan instruksi dengan baik,” tambahnya.

Di pertandingan berikutnya, pelatih berusia 52 tahun itu optimistis mendapatkan hasil bagus saat melawan Turkmenistan yang akan digelar di Stadion Manahan, Selasa (12/9) pukul 19.00 WIB.

Turkmenistan adalah lawan yang tidak boleh diremehkan karena mereka juga meraih kemenangan telak 4-0 dari Taiwan pada laga perdana Grup K Piala Asia U-23 2024, Rabu (6/9) lalu.

Baca Juga: Jelang Indonesia U-23 vs Taiwan, STY Coret 4 Pemain, Ada Apa?

Tim asuhan Agamyradov Ahmet itu juga mendapat keuntungan karena memiliki jeda istirahat lebih lama untuk menghadapi Indonesia.

“Mereka cukup banyak istirahat, kami pasti akan bisa adaptasi. Memang tidak mudah, tapi kita pasti bisa meraih kemenangan. Kita akan berusaha semaksimal mungkin,” ucap Shin.

Editor
Komentar
Banner
Banner