Pemilu 2024

Bukan Warga Depok, PKS Ogah Dukung Kaesang!

Pamor Kaesang di Depok mulai bersinar, bahkan kini Kaesang tengah dilirik partai-partai politik di Kota Depok. Namun bagaimana dengan sikap PKS?

Featured-Image
Kaesang Pangarep. Foto: Tribunnews.com

bakabar.com, DEPOK - Pamor Kaesang Pangarep di Depok mulai bersinar. Bahkan, kini Kaesang tengah dilirik sejumlah parpol di Kota Depok. Namun bagaimana dengan sikap PKS, apakah akan turut mengusung Kaesang atau tetap dengan pilihan politiknya?

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Kota Depok, Hermanto Setiawan memastikan, pihaknya tidak akan mengusung putra Presiden Joko Widodo itu sebagai calon Wali Kota Depok. Tidak adanya dukungan tersebut karena Kaesang bukanlah warga yang lahir dan besar di Depok.

“Kalau PKS sendiri lebih mengutamakan orang Depok (yang menjadi calon Wali Kota Depok),” kata Hermanto kepada bakabar.com, Selasa (13/6).

Baca Juga: Ngeyel, Gerindra Tetap Rayu Kaesang Maju Jadi Wali Kota Solo

Menurutnya, warga yang sudah lama tinggal di Depok akan lebih bisa memahami persoalan di Kota Depok. Ia beralasan, warga Depok asli akan lebih menjiwai dan memahami permasalahan yang ada di Kota Depok.

“Sementara itu, calon Wali Kota Depok yang berasal dari luar Kota Depok alias sosok ‘impor’, hanya mengandalkan popularitas semata,” paparnya.

Baca Juga: PDIP Mulai Melirik Kaesang di Pilkada Depok, PSI: Tetap Kita Dukung!

Hermanto meyakini Kaesang yang besar di Solo tidak akan bisa menguasai persoalan di Kota Depok secara mendetail. Apalagi hanya mengandalkan popularitas semata, tentu bukan sebagai modal yang kuat untuk memimpin Depok.

“Kalau calon (Wali Kota Depok) ‘impor’, kami melihat hanya mengandalkan popularitas dan yang terlihat juga bisa jadi tidak menguasai permasalahan di Kota Depok dengan detail,” tuturnya.

Peluang Diusung PKS

Berbeda dengan Hermanto, anggota fraksi PKS DPRD Kota Depok, Suparyono mengungkapkan kemungkinan PKS mengusung Kaesang masih terbuka jika menyatakan ingin berkontestasi di Pilkada Depok.

Baca Juga: Kaesang Siap Jadi 'Depok Satu', Angkatan 66: Jangan Mau Dipimpin Anak Kecil!

Terbukanya peluang tersebut akan terjadi bila Kaesang secara sadar berpaling ke PKS. Meski begitu, pihaknya menekankan Kaesang perlu melalui sejumlah mekanisme internal PKS seperti mengikuti fit and proper test. Serangkaian tes tersebut yang menurutnya menjadi penentu Kaesang dapat diusung PKS.

"Tentu ada penjaringan, kita tahu PKS juga telah mengumumkan bacaleg untuk maju di Pilkada Depok. Jika Kaesang bersedia, silahkan, tapi ikuti dulu tahapan dan prosesnya," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner