Sport

Bukan Lazio, Pratama Arhan Resmi Bermain di Liga Jepang

apahabar.com, JAKARTA – Sempat diisukan menarik minat Lazio di Liga Italia, Pratama Arhan resmi memperkuat Tokyo…

Featured-Image
Laman Instagram milik Tokyo Verdy yang mengumumkan peresmian kepindahan Pratama Arhan dari PSIS Semarang. Foto: Instagram

bakabar.com, JAKARTA – Sempat diisukan menarik minat Lazio di Liga Italia, Pratama Arhan resmi memperkuat Tokyo Verdy di Liga 2 Jepang (J2-League).

Peresmian perekrutan bek Timnas Indonesia dan PSIS Semarang itu diumumkan Tokyo Verdy melalui akun Twitter resmi, Rabu (16/2).

“Dengan senang hati, kami menginformasikan bahwa Arhan yang sebelumnya tergabung dalam PSIS Semarang di Indonesia, telah memperkuat Tokyo Verdy dengan transfer penuh,” cuit akun @tokyoVerdySTAFF.

Perekrutan tersebut terbilang spesial, mengingat Pratama Arhan menjadi pesepakbola pertama dari Asia Tenggara yang memperkuat Tokyo Verdy.

“Ini menjadi yang pertama kalinya Tokyo Verdy mengakuisisi pemain dari Asia Tengara,” tambah keterangan resmi klub.

Pratama Arhan memang membuka peluang bermain di luar negeri, setelah kabar ketertarikan dari Korea Selatan, Thailand hingga Italia.

Namun bek yang merekah bersama PSIS Semarang itu ternyata menempatkan pilihan untuk bermain di kasta kedua Liga Jepang.

Dalam unggahan yang lain, @tokyoVerdySTAFF menampilkan video pernyataan pertama Pratama Arhan sebagai pemain Tokyo Verdy.

“Saya sangat senang bisa bergabung dengan Tokyo Verdy, salah satu klub tersukses di Liga Jepang. Saya ingin berkontribusi maksimal untuk Verdy yang akan memperjuangkan ke kasta tertingi di Liga Jepang,” ungkap Arhan.

“Saya mohon dukungannya kepada semuanya. Saya berjanji akan memberikan 100 persen konsistensi permainan,” tutup pemain berusia 20 tahun ini.

Pratama Arhan diketahui masih berada di Indonesia, tepatnya di Bali bersama PSIS Semarang. Namun lantaran baru sembuh dari cedera minor, pemain ini absen dalam pertandingan melawan Persib Bandung, Selasa (15/2).

Meskipun masih memiliki sisa durasi kontrak dengan PSIS Semarang, Arhan dilepas gratis dan dikontrak Tokyo Verdy selama dua tahun.

Pesepakbola Keempat

Seiring konfirmasi yang diberikan Tokyo Verdy, Arhan menjadi pemain keempat Indonesia yang bisa mencicipi Liga Jepang.

Sebelumnya Ricky Yacobi yang direkrut Matsushita Electric FC (sekarang Gamba Osaka), Irfan Bachdim dan Stefano Lilipaly.

Irfan Bachdim bermain di musim 2014 bersama Ventforet Kofu, tapi tak pernah dapat kesempatan bermain. Setahun kemudian Bachdim hengkang ke Consadole Sapporo dan turut merasakan promosi ke J1.League.

Sementara Stefano Lilipaly juga bermain bersama Consadole Sapporo. Pun gagal tampil baik, sehingga kembali ke Belanda untuk membela Telstar, sebelum akhirnya merumput di Indonesia bersama Bali United sejak 2017.



Komentar
Banner
Banner