Pemkab Tabalong

Buka MPLS di SMAN 1 Tanjung, Kadiskominfo Tabalong Beberkan Capaian Program Smart City

Kepala Dinas Komunikasi dan Infornatika Kabupaten Tabalong, HM Noor Rifani membuka secara resmi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) siswa di SMAN 1.

Featured-Image
Kadis Kominfo Tabalong HM Noor Rifani saat menjadi pembina upacara di SMAN 1 Tanjung. Foto - Diskominfo Tabalong

bakabar.com, TANJUNG - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tabalong, HM Noor Rifani membuka secara resmi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) siswa di SMAN 1 Tanjung, Senin (15/7).

Pada kesempatan itu, Fani, juga menjadi pembina upacara pengibaran bendera merah putih di SMAN 1 Tanjung sekaligus me-launching internet gratis (Free Internet Access for Tabalong Smart City).

Selain itu, ia turut pula menyaksikan Deklarasi Anti Kekerasan yang ditandatangani bersama, baik oleh para guru, para orangtua/wali pelajar yang baru masuk di sekolah setempat. 

Dikesempatan tersebut, H Fani, membeberkan Kabupaten Tabalong termasuk salah satu kabupaten dan kota yang dipilih Kementerian Kominfo RI pada tahun 2019 menjadi rule model implementasi Smart City atau Kota Cerdas di Indonesia.

"Alhamdulillah pada tahun 2023 program Tabalong Smart City berhasil menjadi yang terbaik di Provinsi Kalimantan Selatan dan masuk 8 (delapan) besar terbaik Nasional," kata Fani.

Fani mengungkapkan, saat ini menara  BTS milik provider di Tabalong berjumlah 145 yang lokasinya tersebar di 12 Kecamatan.

Selain didirikan oleh BAKTI Kementerian Kominfo sebanyak 7 menara, serta 8 tower penguat sinyal di desa–desa terisolir yang dibangun oleh Diskominfo Kabupaten Tabalong.

"Pemerintah Daerah sejauh ini telah menyediakan sebanyak 25 titik internet gratis yang tersebar di ruang terbuka hijau publik, fasilitas pendidikan dan ruang publik lainnya, termasuk salah satunya adalah free hotspot Tabalong Smart City di SMAN 1 Tanjung ini," ucap Fani.

Ke depannya, ia berharap infrastruktur telekomunikasi di Tabalong akan terus dikembangkan melalui berbagai terobosan dan inovasi.

"Sehingga tidak ada lagi kawasan blankspot, tidak ada lagi masyarakat yang kesulitan akan jaringan internet," sambungnya.

Fani, meminta para siswa dan siswi bisa memanfaatkan, memaksimalkan internet di era digitalisasi sekarang. Terlebih menyambut Tabalong yang akan menjadi serambi depan, penyangga daerah Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Generasi muda harus semakin mengembangkan diri, harus mampu meningkatkan kapasitas, demikian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kita harapkan akan meningkat pula melalui ketersediaan fasilitas internet gratis ini," ujar pria yang juga Ketua Ikatan Alumni SMAN 1 Tanjung ini.

Diinformasikan, bahwasanya sudah 6 SMAN sederajat yang terkoneksi internet gratis dari Dinas Kominfo Tabalong. Demikian akan terus diupayakan bagi SMAN sederajat lainnya untuk mendapatkan fasilitas yang sama ke depannya. *

Editor


Komentar
Banner
Banner