News

BPOM Temukan Kemasan Rusak di Swalayan Sampit

BPOM Palangka Raya, menemukan sejumlah makanan kemasan kaleng yang rusak.

Featured-Image
BPOM Palangka Raya, bersama Diskoperdagin dan Dinkes Kotim, saat memberikan arahan kepada salah satu pengelola swalayan dalam kegiatan sidak makanan dan minuman di kota Sampit. Rabu (27/3/2024). Foto: bakabar.com/Ilhamsyah Hadi

bakabar.com, SAMPIT - BPOM Palangka Raya, bersama Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) memeriksa produk makanan dan minuman di supermarket serta pusat perbelanjaan tradisional di Sampit, Rabu (27/3).

Dalam kegiatan gabungan tersebut, petugas menemukan sejumlah makanan kemasan kaleng yang rusak.

"Tadi kita menemukan hanya beberapa kemasan rusak. Jadi kita minta pelaku usaha untuk melakukan retur ke distributor resminya. Yang kedaluwarsa juga ada tapi hanya sedikit, itu tadi kita minta pihak toko yang akan memusnahkan," kata Ketua Tim Kerja Balai POM Palangka Raya, Etik Sumardani.

Dia juga mengingatkan kepada masyarakat Kotim, agar lebih teliti dalam membeli produk makanan dengan memperhatikan tanggal kedaluwarsa serta kemasan makanan yabg akan dibeli.

"Untuk masyarakat tolong lebih jeli membeli makanan kemasan, terutama produk-produk kaleng seperti susu kemasan, krimer kental manis ataupun sarden, karena kalau kemasannya penyok lapisan dalam rusak, itu oksidasi di dalamnya jadi kemungkinan bakteri tumbuh," jelasnya

Terkait dengan izin edan frozen food, dengan tegas Etik Sumardani menerangkan bahwa izinnya wajib dikeluarkan oleh BPOM RI MD (bagi makanan yang diproduksi di dalam negeri) dan BPOM RI ML (bagi makanan yang diproduksi di luar negeri).

"Jadi untuk Fozen Food tidak boleh menggunakan Izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT)," tegasnya

Dijelaskan, tingkat risiko untuk frozen food itu lebih tinggi, karena makanan itu harus disimpan pada suhu penyimpanan harus minus 18 derazat celsius.

Jika suhu penyimpanannya tidak sesuai kemungkinan tubuh bakteri dan keamanannya lebih rentan.

"Pembeli harus selektif, bahwa memang banyak makanan frozen food olahan UMKM itu sangat menarik, tapi mereka juga harus lihat keamanannya. Karena resikonya begitu kalau dia tidak dimasak tapi hanya langsung disajikan di khawatirkan masuk bakteri yang bisa membuat keracunan," tandasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner