sertifikat tanah

BPN: Ada 1,2 Juta Penerima Sertifikat Tanah di Jatim, 99 Persen Tuntas

BPN sebut ada 1,2 juta penerima sertifikat tanah di Jatim. Sebanyak 99 persen tuntas.

Featured-Image
Ratusan warga mendapat sertifikat program PTSL (5/12) (foto:apahabar.com/Abdul Azis)

bakabar.com, BANYUWANGI - ATR/BPN sebut ada lebih dari 1,2 juta orang penerima sertifikat tanah di Jatim. Sebanyak 99 persen sudah menerima sertifikat.

"Jawa Timur sendiri punya target terbanyak dibanding provinsi lain. Insyaallah dalam beberapa hari ke depan sudah tuntas,” kata Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jawa Timur, Jonahar di Banyuwangi, Selasa (5/12).

Sementara itu, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni menjelaskan bahwa ada 126 juta bidang tanah di seluruh Indonesia yang harus disertifikasi oleh Kementerian ATR/BPN. Saat ini pihaknya telah mendaftarkan 107,5 juta bidang tanah

"87,5 juta bidang tanah di antaranya telah bersertifikat," ucap dia.

Baca Juga: Budidaya Jamur Tiram, Jadi Pilihan Utama Pembinaan Lapas Banyuwangi

Baca Juga: Pertama di Indonesia, Banyuwangi Bakal Punya Pabrik Pengolahan Sampah Low Value

Dia mengatakan bahwa nilai tanah akan meningkat secara ekonomi jika memiliki sertifikat. Karenanya, pemerintah terus memperjuangkan sertifikat tersebut.

"Dengan memiliki sertifikat tanah, tidak akan ada lagi mafia yang bisa menyerobot tanah warga seenaknya," kata Raja Juli Antoni.

Seperti 500 warga Banyuwangi yang baru saja menerima sertifikat hak milik atas tanah. Hal ini juga bisa memberikan kepastian hukum pada tanah milik warga.

“Pemerintah berkomitmen hadir ditengah masyarakat untuk memberi kepastian hukum," ujar Raja Juli.

Editor


Komentar
Banner
Banner