Prakiraan Cuaca BMKG

BMKG: Sebagian Wilayah Indonesia akan Diguyur Hujan

Kota-kota besar di Indoensia akan diguyur hujan pada Senin (30/1). Masyarakat diminta untuk melengkapi diri dengan payung dan jas hujan.

Featured-Image
Pejalan kaki menggunakan payung saat hujan turun. Foto: ANTARA

bakabar.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan akan mengguyur sejumlah kota besar di Indonesia pada Senin siang dan malam hari.

Menurut informasi BMKG di Jakarta, Senin hujan ringan pada siang hari diprakirakan turun di Kota Gorontalo, Jambi, Bandung, Surabaya, Pontianak, Palangka Raya, dan Pangkal Pinang.

Kemudian, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Ternate, Manokwari, Mamuju, Makassar, Kendari, dan Manado. Hujan juga akan mengguyur Kota Mataram dan Kupang dengan intensitas sedang pada siang.

Baca Juga: BMKG Prediksi Hujan Lebat Mengguyur Sebagian Daerah Indonesia

Kota Banjarmasin dan Ambon akan mengalami ujan dengan intensitas lebat yang disertai petir pada siang. Warga Banjarmasin dan Ambon sebaiknya menyiapkan payung serta mewaspadai kemungkinan terjadinya banjir.

Sementara itu, Banda Aceh, Denpasar, Bengkulu, Yogyakarta, DKI Jakarta, Semarang, Jayapura, Pekanbaru, dan Palembang berawan pada siang hari. Kemudian Serang, Samarinda, Tarakan, Padang, dan Medan diprakirakan cerah berawan pada siang hari.

Malam harinya, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan turun di Kota Bandung, Palangka Raya, Tanjung Pinang, Manokwari, dan Medan. Hujan dengan intensitas sedang pada malam hari berpeluang terjadi di Kota Bengkulu, Yogyakarta, dan Mamuju.

Baca Juga: BMKG Prediksi Hujan Lebat Disertai Angin Terjadi di Sejumlah Wilayah

Hujan dengan intensitas lebat yang disertai petir pada malam hari diprakirakan mengguyur kota Pontianak dan Bandar Lampung.

Warga Pontianak dan Bandar Lampung juga sebaiknya menyiapkan payung serta mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi basah yang dikhawatirkan terjadi ketika hujan deras turun.

Sementara itu, Kota Banda Aceh, Denpasar, Serang, Gorontalo, Jambi, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Samarinda, Ambon, Mataram, Kupang, Jayapura, Pekanbaru, Makassar, Kendari, Manado, dan Palembang diprakirakan berawan pada malam hari.

Sementara Kota DKI Jakarta, Tarakan, Pangkal Pinang, Ternate, dan Padang diprakirakan cerah berawan pada malam hari.

Editor


Komentar
Banner
Banner