prakiraan cuaca

BMKG Prediksi Hujan Lebat Disertai Angin Terjadi di Sejumlah Wilayah

BMKG mengeluarkan peringatan dini sejumlah wilayah di Indonesia pada Minggu (22/01) berpeluang mengalami hujan disertai petir dan angin kencang.

Featured-Image
Ilustrasi cuaca ekstrem. Foto-pixabay.com

bakabar.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini sejumlah wilayah di Indonesia pada Minggu (22/01) berpeluang mengalami hujan disertai petir dan angin kencang.

Hujan lebat, disertai angin kencang dan petir berpeluang akan terjadi di bagian wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepualauan Belitung, dan Lampung.

Adapun pada bagian wilayah Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua juga berpeluang mengalami kondisi cuaca serupa.

Baca Juga: DKI Jakarta Diprakirakan Hujan pada Minggu

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menerangkan kawasan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi atau Jabodetabek berpeluang akan mengalami hujan lebat hingga Februari 2023.

"Saat ini ada beberapa faktor dinamika atmosfer yang dapat memicu potensi peningkatan hujan di wilayah Jabodetabek untuk sepekan ke depan," katanya seperti melansir Antara, Minggu (22/01).

Faktor pemicu peningkatan hujan di Jabodetabek, menurut dia, antara lain aktifnya Gelombang Kelvin di sekitar wilayah Indonesia selatan ekuator dan Madden Jullian Oscillation atau MJO yang diprakirakan mulai aktif kembali di sekitar Samudra Hindia barat Sumatera pada akhir Januari.

Baca Juga: BMKG: Hujan akan Melanda Sejumlah Kota Besar di Indonesia

"Kemudian, adanya pola-pola konvergensi (perlambatan angin) di Jawa bagian barat yang dapat memicu pertumbuhan awan hujan di sekitarnya," kata dia.

Guswanto juga menyampaikan bahwa selama perayaan Imlek tahun 2023, hujan dengan intensitas ringan sampai sedang serta hujan lebat dalam durasi singkat berpeluang terjadi di bagian wilayah Jabodetabek pada siang menjelang sore.

"Potensi hujan masih harus diwaspadai, dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang dalam durasi singkat," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner