News

BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat Terjadi di Sejumlah Wilayah

BMKG menyampaikan peringatan dini sejumlah wilayah Indonesia berpotensi akan mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang di beberapa kota besar.

Featured-Image
Seorang petugas BMKG tengah melakukan pemantauan cuaca. (Foto: Setneg)

bakabar.com, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini sejumlah wilayah Indonesia berpotensi akan mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang di beberapa kota besar.

Mengutip situs BMKG melalui Antara, Selasa (1/11) potensi hujan lebat akan terjadi di wilayah provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, D.I. Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Hujan diperkirakan juga dapat turun di wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Baca Juga: Sebanyak 6.000 Kepala Desa se-Indonesia akan Mengunjungi IKN

Sementara itu, hujan dengan intensitas lebih ringan diprakirakan turun di daerah Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Maluku Utara.

BMKG memperingatkan potensi hujan lebat yang dapat disertai petir di Kota Jambi, Gorontalo, Tarakan, Samarinda, Kupang, Palembang dan Medan.

Adapun khusus untuk wilayah DKI Jakarta, hujan intensitas ringan dapat terjadi di wilayah Jakarta Selatan pada siang hari ini.

Baca Juga: Instagram Down, Banyak Akun Pengguna Hilang dan Penurunan Followers

BMKG juga memperingatkan sejumlah wilayah masuk dalam kategori waspada dampak hujan lebat seperti banjir dan longsor.

Untuk hari ini, kategori waspada berlaku di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Barat dan Papua.

Editor


Komentar
Banner
Banner